Usai Dituding Ratusan Ilmuwan, Kini WHO Akui Bukti Virus Corona Bisa Menyebar di Udara, Ini yang Harus Diwaspadai!

By Stylo Indonesia, Sabtu, 11 Juli 2020 | 16:05 WIB
Usai Dituding Ratusan Ilmuwan, Kini WHO Akui Bukti Virus Corona Bisa Menyebar di Udara, Ini yang Harus Diwaspadai! (Freepik.com)

Stylo.ID - Semua orang di seluruh dunia tampaknya kini masih khawatir dengan ancaman pandemi wabah virus corona covid-19.

Nggak cuma itu, Indonesia kini juga masih harus berjuang menghadapi penyebaran virus corona.

Sebuah surat terbuka dari lebih dari 200 ilmuwan menuding Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengabaikan kemungkinan penularan virus corona melalui udara.

WHO selama ini hanya menyebut virus corona ditularkan melalui tetesan (droplet) yang keluar ketika seorang penderita batuk atau bersin.

Baca Juga: Usai Menikah dengan Dinda Hauw, Rey Mbayang Justru Pamer Foto di Kasur Pengantin Baru! Netizen: Hayo Abis Ngapain?

Merespons surat itu, WHO pun mengakui bahwa bukti baru menunjukkan, virus corona jenis baru penyebab Covid-19 dapat menyebar melalui udara, meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikannya.

Jika telah dikonfirmasi, maka fakta tersebut akan memengaruhi pedoman WHO dalam hal pencegahan virus corona.

Dengan perkembangan terbaru ini, apa yang harus kita waspadai?

Selama ini, penularan melalui udara merupakan salah satu yang paling dikhawatirkan.

Jika ini terjadi, maka penularan akan lebih mudah terjadi. 

Epidemiolog Universitas Airlangga Windhu Purnomo mengatakan, penularan virus corona melalui udara meningkatkan risiko penularan di tempat-tempat tertutup.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Mendikbud Nadiem Makarim Resmi Potong Biaya Kuliah untuk Semua Kampus Negeri dan Swasta, Ini Syarat-syaratnya!