BMKG Ingatkan Untuk Menghindari Paparan Sinar UV Hingga Sore Hari Ini, Ada Apa?

By Stylo Indonesia, Jumat, 3 Juli 2020 | 13:44 WIB
BMKG Ingatkan Untuk Menghindari Paparan Sinar UV Hingga Sore Hari Ini, Ada Apa? (www.freepik.com)

Stylo.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Instagram milik mereka sempat menyampaikan informasi tentang paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) yang harus diwaspadai pada hari ini, Jumat 3 Juli 2020.

Menurut BMKG, di wilayah Jabodetabek untuk hari ini memiliki indeks UV 0-2 dengan tingkat risiko bahaya rendah hingga sedang.

Namun pada pukul 10.00-1100 WIB dan 12.00-13.00 WIB indeks UV meningkat ke risiko bahaya sedang hingga sangat tinggi.

Sementara itu, pukul 14.00-15.00 WIB, indeks UV berisiko bahaya rendah hingga sedang. Paparan sinar ultraviolet di kulit kita bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Biasanya, kerusakan kulit ini akan mulai muncul dan menyebabkan masalah pada usia 40 tahun ke atas, setelah bertahun-tahun kulit terkena paparan sinar UV.

Radiasi sinar ultraviolet Radiasi sinar ultraviolet adalah radiasi elektromagnetik yang berasal dari matahari.  Ada tiga jenis sinar UV berdasarkan energi yang dihasilkan. Berikut penjelasannya:

Sinar ultraviolet A (UVA)

Sinar ultraviolet A memiliki energi paling rendah. Jenis sinar ini mampu menyebabkan sel-sel kulit cepat menua dan membuat kerusakan tidak langsung pada sel-sel DNA.

Baca Juga: Jadi Kabar Gembira Untuk Pelajar Indonesia di Tengah Pandemi Corona, Mendikbud Akhirnya Buka Suara: Pembelajaran Jarak Jauh Akan Permanen!

Sinar UVA umumnya dikaitkan dengan kerusakan kulit jangka panjang, seperti timbulnya keriput.

Sinar ultraviolet B (UVB)

Sinar UVB memiliki energi sedikit lebih besar dibanding sinar UVA. Sinar ini mampu secara langsung menimbulkan kerusakan DNA pada sel-sel kulit.

Sinar ultraviolet B termasuk jenis sinar UV yang dapat memicu kulit terbakar (sunburn) dan kanker kulit.

Sinar ultraviolet C (UVC)

Sinar ultraviolet C adalah jenis sinar UV yang energinya paling besar. Untungnya, pancaran sinar tidak mencapai tanah dan tidak akan menyebabkan gangguan pada kulit manusia.

Kekuatan sinar ultraviolet yang pada kulit kita tergantung dari berbagai faktor di bawah ini:

Waktu

Radiasi sinar ultraviolet paling kuat terjadi antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Ketinggian lokasi Lokasi di dataran tinggi dan pegunungan akan mendapat radiasi sinar ultraviolet yang lebih kuat.