Covid-19 Belum Beres Ditangani, Peneliti di China Justru Temukan Virus Flu Babi Jenis Baru, Dikhawatirkan Bisa Jadi Pandemi

By Stylo Indonesia, Selasa, 30 Juni 2020 | 14:29 WIB
Covid-19 Belum Beres Ditangani, Peneliti di China Justru Temukan Virus Flu Babi Jenis Baru, Dikhawatirkan Bisa Jadi Pandemi (www.freepik.com)

Stylo.ID - Pandemi Covid-19 belum beres ditangani dan masih menunjukkan pertumbuhan angka positif setiap harinya.

Namun, baru-baru ini para peneliti di China justru menemukan virus flu babi jenis baru.

Penemuan virus flu babi jenis baru ini dikhawatirkan dalam meluas menjadi pandemi seperti yang terjadi pada virus corona.

Temuan ini diungkap pada sebuah penelitian yang diterbitkan PNAS jurnal sains di Amerika Serikat (AS) pada Senin (29/6/2020) lalu.

Baca Juga: Bocoran! Mantan Menkominfo Rudiantara Sebut Kapan Obat Corona Bakal Beredar

Dilansir dari AFP, virus yang dinamai G4 ini secara genetik adalah turunan dari strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009.

Virus ini memiliki "semua syarat penting untuk bermutasi dan menginfeksi manusia," kata para penulis yang terdiri dari ilmuwan di sejumlah universitas China serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Dari 2011-2018, para peneliti dari China Agricultural University (CAU) mengambil 30.000 tes swab hidung dari babi-babi di rumah jagal 10 provinsi China, termasuk di rumah sakit hewan.