Kronologi 7 Orang dalam 1 Keluarga Positif Covid-19 di Bekasi, Berawal dari Pedagang Makanan yang Tularkan dari Rumah ke Rumah?

By Stylo Indonesia, Minggu, 14 Juni 2020 | 17:28 WIB
Kronologi 7 Orang dalam 1 Keluarga Positif Covid-19 di Bekasi, Berawal dari Pedagang Makanan yang Tularkan dari Rumah ke Rumah (www.freepik.com)

Stylo.ID - Di Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi terjadi penularan kasus Covid-19 dari rumah ke rumah.

Tujuh orang dalam sebuah keluarga warga kelurahan tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab.

Inilah fakta dan kronologi melalui penularan Covid-19 yang terjadi dari rumah ke rumah di sana.

Berawal dari pedagang martabak

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, penularan kasus dari rumah ke rumah terjadi setelah virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) menginfeksi seorang pedagang martabak berinisial J pada awal Juni 2020.

Baca Juga: Belum Usai Pandemi Corona, Perempuan Indigo Ini Sebut Dunia Kembali Diuji, 4 Negara Termasuk Indonesia Bakal Diterjang Gempa Dahsyat 9 SR di Bulan Ini!

J kemudian menularkan Covid-19 ke keluarganya yang tinggal berdekatan. J sendiri tertular dari istrinya yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19 pada 30 Maret 2020.

"Istrinya dulu yang kena. Jadi awalnya ada yang laporan ke tim Puskesmas Pejuang bahwa ada laporan satu warga di Pejuang terindikasi positif (istri J)," kata Camat Medan Satria Lia Erlina saat dihubungi, Jumat (12/6/2020).

Istri J kemudian dibawa ke rumah sakit. Petugas kesehatan juga melakukan tes swab terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan istri J. J pun dinyatakan positif Covid-19 dan langsung diisolasi.