Sempat Disebut Zona Hitam Hingga Wuhan-nya Indonesia, Kini Setengah Juta Lebih Pasien Covid-19 di Surabaya Dinyatakan Sembuh, Apa Rahasianya?

By Stylo Indonesia, Sabtu, 6 Juni 2020 | 14:00 WIB
Sempat Disebut Zona Hitam Hingga Wuhan-nya Indonesia, Kini Setengah Juta Lebih Pasien Covid-19 di Surabaya Dinyatakan Sembuh, Apa Rahasianya? (Instagram @surabaya)

Stylo.ID - Meski kini banyak wacana New Normal yang kerap diperbincangkan, Indonesia nyatanya masih harus menghadapi wabah pandemi yang diakibatkan oleh virus Corona.

Tercatat hingga hari Sabtu (5/6/2020), telah ada 29.521 kasus positif virus corona, dengan penambahan 703 kasus baru.

Dari jumlah tersebut, telah tercatat 1.770 orang meninggal dunia, dan 9.443 pasien dinyatakan sembuh.

Belum lama ini, Surabaya ditetapkan sebagai black zone atau zona hitam dengan catatan pasien positif Covid-19 tertinggi di Indonesia

Baca Juga: Awet Muda Bak Gadis Remaja, Foto Terabru Ashanty Sukses Tuai Pujian Netizen: Imut Banget!

Hal ini membuat Pemerintah Surabaya memutar otak agar kekhawatiran terkait virus corona segera berlalu dan jumlah pasien segera menurun.

Bahkan, Surabaya sampai dicap sebagai Wuhan-nya Indonesia karena angka pasiennya.

Namun tak lama setelah julukan tersebut, tercatat 519 pasien positif virus corona di Surabaya dinyatakan sembuh dari 1-5 Juni 2020.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkap beberapa faktor yang menyebabkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19 meningkat signifikan dalam lima hari terakhir.

Menurut Risma, peningkatan jumlah pasien sembuh tak lepas dari upaya testing, tracing, and therapy (3T) yang dilakukan Pemkot Surabaya.

Pemkot Surabaya didukung mobil laboratorium dari BNPB dan BIN untuk melakukan rapid test dan tes swab massal selama tujuh hari terakhir di berbagai titik.

Baca Juga: Kabar Baik! Indonesia Catatkan Rekor Jumlah Harian Kesembuhan Pasien Terbanyak, Hingga Jumlah Pasien Sembuh di 13 Provinsi Ungguli Kasus Baru