Babak Belur! Amerika Serikat Diambang Keterpurukan Setelah Dihajar Corona, Demo Rusuh Seantero Negeri Sampai 'Perang Dingin' dengan China

By Ristiani Theresa, Selasa, 2 Juni 2020 | 18:38 WIB
AS Diambang Kehancuran, Sudah Babak Belur Dihajar Corona, Demo Rusuh Seantero Negeri Sampai 'Perang Dingin' dengan China Jadi Beban Tambahan (Kamil Krzaczynski)

Stylo.ID - Amerika Serikat saat ini tengah menjadi sorotan dunia.

Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat telah babak belur dihajar virus coirona hingga membuat perekonomiannya terpukul sepanjang kuartal I-2020.

Tak berhenti sampai disitu, aksi protes akibat kematian George Floyd, ditambah kembali memanasnya tensi dagang dengan China diprediksi bakal menyeret perekonomian Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Masuki Fase New Normal, Haruskah Tahan Napas Saat Berdekatan dengan Orang Untuk Cegah Tertular Corona? Ini Penjelasannya!

Kamis (28/5), Departemen Perdagangan AS mengumumkan, PDB AS sepanjang kartal I-2020 kontraksi 4,8%.

Posisi tersebut menjadi kontraksi terdalam setelah krisis ekonomi 2008, di mana saat itu AS mencatat pertumbuhan ekonomi negatif 8,4%.

Pandemi virus corona jadi faktor utama merosotnya ekonomi AS.

Baca Juga: Gubernur Maluku Pakai Obat Corona dari China: 'Ini Terbukti Sembuhkan Pasien di Wuhan'

Ekspansi perusahaan yang minim akibat lockdown, sementara daya beli konsumen juga merosot lantaran lebih jutaan orang dipecat dan hanya berdiam diri di rumah.

Sayangnya, upaya pemulihan ekonomi AS yang baru saja dimulai dengan pembukaan sejumlah ritel, kini malah berakhir tragis.

Hal ini muncul setelah sejumlah aksi protes yang berujung penjarahan di beberapa wilayah negara bagian.

Baca Juga: Kabar Gembira! Dokter Paling Top di Italia Mengatakan Virus Corona Sudah Kehilangan Potensinya dan Melemah Karena Lihat Hal Ini!