Alami Sesak Napas, Bisa Jadi Kamu Alami Gejala Anemia, Simak Tanda-tandanya yang Kerap Disepelekan!

By Justina Nur Landhiani, Rabu, 8 April 2020 | 16:05 WIB
Alami Sesak Napas, Bisa Jadi Kamu Alami Gejala Anemia, Simak Tanda-tandanya yang Kerap Disepelekan! Simak deh! (freepik.com)

Stylo.ID - Anemia merupakan  suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang memiliki fungsi salah satunya adalah untuk mengikat oksigen dengan bantuan hemoglobin.

Kalau tubuh kamu kekurangan sel darah merah, maka akan banyak organ yang kekurangan oksigen, padahal oksigen sangat penting untuk proses metabolisme dalam tubuh.

Hal ini bisa disebabkan karena kamu menderita thalassemia, kondisi anemia sejak lahir, atau kekurangan zat gizi seperti zat besi yang merupakan salah satu komponen dari hemoglobin.

Jika kita mengalami anemia, maka aktivitas sehari-hari kita juga akan terganggu.

Baca Juga: Demi Nyawa Manusia, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta Telah Menetapkan PSBB untuk Cegah Persebaran Covid-19, Ini Sederet Kebijakannya

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa gejala dari anemia yang sering tidak kamu sadari dan disepelekan.

1. Mudah lelah

Menurut Dr. Andrew Artz, seorang Profesor Ilmu Kedokteran di Universitas Chicago mengatakan bahwa kelelahan disebabkan karena tidak cukupnya zat besi atau vitamin B12, sehingga asupan oksigen untuk bahan bakar yang diperlukan tubuh jadi berkurang.

Hal ini akan membuatmu cepat lelah.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Profesor dari Indonesia Nyatakan Wabah Virus Corona Paling Cepat Berakhir pada Akhir April Asalkan Hal Ini Dilakukan

2. Sesak napas dan sering pusing

Tanpa zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin, yang memiliki fungsi untuk mengikat oksigen.