BEKRAF Tampilkan 20 Desainer Modestwear Indonesia Terbaik dalam Acara Modest Fashion Founders Fund 2019

By Mreizghi Alvio Linchia, Senin, 23 September 2019 | 15:24 WIB
BEKRAF Tampilkan 20 Desainer Modestwear Indonesia Terbaik dalam Acara Modest Fashion Founders Fund 2019 (Stylo.ID/Mreizghi Alvio Linchia)

Stylo.ID - Berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Modest Fashion yang merupakan bagian dari sub sektor fesyen menduduki peringkat kedua dalam nilai kontribusi terhadap PDB.

BPS mencatat fashion sebagai subsektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 18,01% atau setara dengan Rp. 166 Triliun pada tahun 2016.

Dengan potensi dan peran yang besar tersebut, Deputi Akses Permodalan BEKRAF menyelenggarakan Program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund).

Baca Juga: Indonesia Fashion Week 2019: Bekraf Tampilkan Inovasi Sarung Kekinian dalam Busana Modern

Modest Fashion Founders Fund 2019 adalah program akselerasi untuk pelaku usaha modest fashion di Indonesia dalam hal permodalan dari perbankan syariah yang telah berlangsung sejak bulan Mei 2019.

Dalam melaksanakan program ini, BEKRAF bekerjasama dengan ahli modest fashion, Franka Soeria, yang merupakan Co Founder Modest Fashion Week dan Markamarie.com.

"Kemarin launching pas Ramadhan, dalam 1 bulan yang daftar hampir 400 peserta dan ditutup setelah bulan puasa. Dipilih top 100 partisipan dengan penilaian dari segi keuangan juga karena kami ingin melahirkan para pebisnis di bidang fashion. Modest (fashion) kan nggak hanya tampil tapi juga harus jago jualan untuk meningkatkan industri perekonomian Indonesia," terang Franka saat ditemui di Gandaria City, Jumat (20/09/2019).

Baca Juga: BEKRAF Luncurkan Portal Trend Forecasting Bertema Singularity Sebagai Tema Fashion 2019/2020 di Indonesia

100 brand atau desainer terbaik dari seluruh Indonesia tersebut mengikuti proses interview dan seleksi di Jakarta pada awal Juli 2019.

Proses seleksi ini dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari Franka Soeria sendiri, perwakilan perbankan syariah dan BEKRAF.

Brand Swimsweets (Stylo.ID/Mreizghi Alvio Linchia)

Seleksi tersebut pun menjaring 20 desainer terbaik yang lolos untuk mengikuti workshop pada tanggal 9 hingga 13 Juli 2019 lalu.