Tingginya Minat Belanja Kosmetik Online, Toko Offline Ritel Bakal Terancam Tutup?

By Mreizghi Alvio Linchia, Kamis, 15 Agustus 2019 | 15:50 WIB
Tingginya Minat Belanja Kosmetik Online, Toko Offline Ritel Terancam Tutup? (freepik.com)

Stylo.ID - Kehadiran teknologi terkini tentu sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup yang serba cepat dan praktis.

Contohnya, sebagai wanita ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi dalam segi penampilan. Makeup, kosmetik dan skincare menjadi produk penting dalam kehidupan wanita yang tak terpisahkan.

Tingginya minat belanja kosmetik online, apakah toko offline ritel kecantikan akan terancam tutup?

Baca Juga: Bakal Tutup, Kosmetik dan Skincare di 6 Gerai Giant Ini Diskon Hingga 50 Persen

Simak pendapat dari Umesh Phadke, Presiden Direktur L'Oréal Indonesia .

Ditemui pada acara L'Oréal Indonesia 40 Anniversary di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Umesh Phadke membagikan pandangannya pada masa depan ritel kosmetik.

"Beauty retail industry tidak akan mati," tegas Umesh Phadke.

Baca Juga: Amankah Krim Pemutih Wajah Online Shop yang Dijual Tanpa Izin BPOM? Simak Investigasinya

Ia berkata, industri ritel kosmetik malah meningkatkan guna dan fungsi lebih luas lagi dalam ranah teknologi.

"Ritel dan E-Commerce (online) akan tetap jalan bahkan bisa beriringan, karena mereka bekerja berbeda di arena-nya," ucap Umesh Phadke.

Sebagai petinggi L'Oréal Indonesia, dirinya melihat langsung perjalanan industri ritel kosmetik yang semakin berkembang.

Baca Juga: Kasus Wajah Melepuh Akibat Pakai Krim Pelempab Palsu, Ini Tips Aman Belanja Online Produk Kecantikan!

"Salon online memang menjadikan segalanya lebih mudah dilakukan dirumah, namun salon konvensional akan tetap hidup karena terdapat pelayanan yang hanya bisa dilakukan di tempat (salon)," tutur Umesh Phadke.

Pemimpin dari berbagai brand ternama seperi Maybelline, Kiehls, Shue Uemura dan lain sebagainya ini meyakini, e-commerce akan mendorong konsumen tetap belanja dan mencoba produk di toko offline.

"Misal mau beli di E-Commerce, kamu harus mencobanya di toko untuk tahu seperti apa produknya. Pelaku retail pun bisa bermain di online dan digital untuk pendekatan yang lebih personal pada pelanggan," ungkap Umesh Phadke.

Baca Juga: Kasus Krim Pemutih Wajah Palsu yang Dijual Bebas Tanpa Izin BPOM, 2019 Masih Ada?

L'Oréal Indonesia sendiri bekerjasama dengan Shopee menghadirkan inovasi BeautyCam pertama di dunia E-Commerce Indonesia.

BeautyCam ini menawarkan konsumen pengalaman Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) untuk menjajal produk kosmetik secara digital. (*)