Stylo.ID - Stylovers, tentu masih sedikit asing dengan nama Yulia Astuti yang sebenarnya jadi sosok yang bisa kamu curi nih, inspirasinya dalam menjalani bisnis kecantikan.
Bermula dari sebuah salon mungil yang belokasi di Jl. Margonda Raya Depok, Yulia Astuti berhasil membuat salon muslimah yang bernama Moz5 yang kini tersebar di beberapa daerah Jabodetabek dan beberapa kota lainnya.
Kali ini, Dinda Stylo.ID berkesempatan untuk mengulik kisah sukses Yulia Astuti yang juga berhasil menciptakan banyak produk kecantikan dari bahan-bahan alami di Indonesia.
Ditemui di acara launching Moz5 Hair Theraphy, Rabu (03/09), di Plaza Festival Jakarta, Yulia Astuti juga menceritakan bagaimana jatuh bangun dirinya membangun salon muslimah tersebut.
Baca Juga : 3 Rekomendasi Lipstik Lokal Kualitas Internasional yang Wajib Kamu Miliki!
Berawal dari masalah pribadi
Ternyata keinginan untuk memulai bisnis salon muslimah berawal dari sebuah masalah klasik yang dialami oleh Yulia Astuti saat dirinya perawatan di beberapa salon.
"Berawal dari kebutuhan pribadi, dulu aku susah banget cari salon khusus untuk muslimah. Meski ada bacaan salon khusus wanita, tapi beberapa stylist di situ bukan wanita, dan aku kayak risih untuk buka jilbab," ungkap Yulia Astuti.
Kemudian, hal itu membuat sebuah keinginan terbesit di hatinya untuk membuat salon yang benar-benar khusus diperuntukan bagi muslimah.
"Tapi sempat diraguin juga, karena dulu kan, masih jarang banget anak muda yang berhijab. Dulu hijab cuma dipakai kalau nggak bu haji ya nenek-nenek," katanya.
Baca Juga : Murah Meriah, Inilah 5 Rekomendasi Lipstik di Bawah 20 Ribu Rupiah!
Memulai bisnis dengan passion
Bagi Yulia Astuti, menjalani bisnis juga harus diimbangi dengan passion agar lebih mudah untuk dijalani.
Kepada Dinda Stylo.ID, pemilik Moz5 salon muslimah ini juga bercerita bahwa dirinya sempat tertipu saat dirinya ingin mulai berbisnis.
"Di usia 23 atau 24 tahun, aku sempat gagal jadi investor agrobisnis peternakan sama perkebunan. Aku nggak terjun langsung karena aku memang nggak suka sama bidang tersebut, dan itu salah banget yang akhirnya membuat aku ditipu," jelasnya.
Kemudian, kegagalan tersebut membuat Yulia Astuti berpikir tentang passion yang dimilikinya untuk memulai bisnis.
"Dan, akhirnya aku sadar minat aku di dunia kecantikan dan akhirnya mulai membuka salon yang memang diperuntukan muslimah," katanya.
Baca Juga : Tutorial Makeup Natural yang Nggak Ribet Pakai 4 Produk Saja
Membuat salon untuk kecantikan dari luar dan dalam
Ada ciri khas berbeda yang juga ingin ditonjolkan oleh Yulia Astuti dengan salon Moz5 yang didirikannya.
Yulia Astuti ingin para wanita muslimah bukan hanya cantik dari luar, namun juga dari dalam hati saat melakukan perawatan di salan tersebut.
"Di Moz5 selalu dimulai dengan bismillah sebelum treatment agar kita juga sadar untuk selalu melibatkan Allah dalam memulai kegiatan apapun. Terus juga diakhiri dengan alhamdulillah untuk bisa bersyukur sama apa yang kita lewati hari ini," katanya.
Bermodalkan pengetahuan dunia kecantikan dari buku bekas
Bukan hanya sukses dengan salon, Yulia Astuti juga berhasil membuat produk kecantikan untuk para customer yang datang ke salon muslimah tersebut.
"Aku tuh, sensitif banget sama produk kecantikan dan nggak bisa sembarangan pakai. Jadi, aku juga buat produk untuk wanita yang punya masalah sama kaya aku," tuturnya.
Keinginan tersebut akhirnya juga terwujud meski Yulia Astuti sebenarnya tidak pernah kursus atau sekolah kecantikan sebelumnya.
"Aku lulusan sastra Jepang di UI, aku cuma belajar soal kecantikan tuh, dari buku-buku yang aku baca itu juga dibeli di Pasar Senen, di Kwitang, karena dulu kan, belum ada googling. Jadi, cuma banyak cari resep kecantikan dari ibu, nenek, dan buku bekas itu," katanya sambil mengenang.
Baca Juga : Tips Membersihkan Maskara Waterproof untuk Cegah Iritasi Mata
Misi untuk mengangkat kekayaan Indonesia
Hal tersebut juga semakin menguatkan Yulia Astuti dan membuat dirinya sadar bahwa ternyata ada misi yang perlu dijalani dalam membuat bisnis kecantikan tesebut.
"Dari situ aku jadi tau banyak kalau banyak banget resep-resep kecantikan Indonesia yang nggak kalah bagus loh, sama produk kecantikan dari Korea. Dan, aku ingin tunjukin ini sama semua perempuan Indonesia," ungkapnya.
Produk kecantikan pertama yang dibuat oleh Yulia Astuti juga mendapat sambutan yang sangat baik dari banyak customernya.
"Produk pertama yang aku bikin itu adalah lulur dari ketan hitam dan proses pembuatannya itu bisa tiga hari tiaga malam, itu adalah lulur pengantin yang biasa dipakai putri-putri Bugis. Dan, banyak customer aku yang suka," katanya.
Baca Juga : 5 Sweater Dress untuk Alternatif Tampil Modis dengan Bujet Terjangkau
Lalui banyak proses untuk meyakinkan customer
Meski begitu, tidak mudah bagi Yulia Astuti untuk meyakinkan customernya untuk menggunakan produk tradisional yang dibuatnya.
"Perempuan modern sekarang nggak suka dengan produk kecantikan tradisional yang berbau jamu. Nah, aku coba untuk membuat resep tradisional tersebut jadi lebih kekinian mulai dari packaging sampai dengan campuran essentialnya," kata Yulia.
Bukan hanya itu, Yulia Astuti juga melakukan beberapa trik untuk membuat bisnisnya itu lancar di tengah banyaknya saingan sekarang ini.
"Aku juga coba dekatin ke beberapa komunitas. Karena kan, aku salon muslimah, jadi aku coba masuk ke beberapa komunitas hijab juga untuk tahu ada isu apa yang ada di antara muslimah," jelas Yulia.
Baca Juga : 3 Tanda Penuaan Dini Pada Wanita Usia 20an yang Wajib Diwaspadai
Sukses dengan salon dan produk kecantikan yang tersebar di banyak daerah
Kegigihan tersebut akhirnya membuahkan hasil yang manis bagi Yulia Astuti saat menjalani bisnis salon muslimah tersebut.
Karena kini Moz5 telah banyak mendirikan cabang di beberapa daerah di Jabodetabek dan beberapa daerah lainnya.
"Jadi walaupun dulu ada di Depok dan masih kecil banget, tapi Moz5 ada di dekat UI dan Gunadarma, terus banyak mahasiswi yang sudah lulus dan kangen dan ingin perawatan dari kita pas mereka sudah balik ke kotanya masing-masing," jelas Yulia.
Yulia Astuti kemudian juga menambahkan bahwa akhirnya para mahasiswi tersebut malah jadi partner yang membuka cabang salon di beberapa daerah lain selain Depok.
"Selain customer yang juga buka franchise, aku juga merasa kebantu banget dengan diliput beberapa media yang membuat banyak customer juga dari kota lain jauh-jauh untuk ke salon aku," tuturnya.
Dan, sekarang Moz5 telah ada sebanyak 27 cabang di beberapa kota Jabodetabek, Kalimantan dan Palembang.
Dengan pengunjung mulai dari 300 orang hingga 1200 orang di setiap bulannya.
Wah, bisa banget kamu tiru nih, kegigihan dari Yulia Astuti yang diimbangi dengan misi mengangkat kebudayaan Indonesia di bisnis kecantikan Stylovers! (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Potret Serba Pink Marshanda Kenakan Off-Shoulder Dress, Makin Cantik dan Memikat!
KOMENTAR