Stylo Indonesia - Dari tahun ke tahun Persaingan kosmetik Lokal dengan kosmetik Impor semakin ketat.
Begitu banyak produk impor dengan harga murah yang seringkali membuat masyarakat lebih tergiur membelinya ketimbang memakai produk Lokal.
Lantas bagaimana kiat bagi para pelaku bisnis kosmetik Tanah Air Agar dapat bertahan di tengah gempuran persaingan harga tersebut?
Hal ini dibahas Tuntas di talkshow Bisnis & Industri "Persaingan Harga Kosmetik Lokal dengan Kosmetik Impor" di Cosmetic Day 2024 yang digelar pada Rabu (30/10/24), di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta.
"Setiap pelaku usaha harus benar-benar menghitung berapa harga atau modal yang dimiliki sebelum memulai usaha kosmetik," ungkap Solihin Sofian, Ketua Umum Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK).
Beberapa biaya tersebut dijelaskan secara rinci oleh Solihin agar pemula yang ingin bisnis kosmetik teredukasi sebelum memulai.
"Ada biaya produksi, ini termasuk biaya bahan baku. Ada juga biaya promosi yang sekarang ini sangat bervariabel, promosi sekarang bisa lewat offline maupun online, dan jangan lupakan juga biaya logistik," jelasnya.
Dalam talkshow tersebut hadir pula Yanne Sukmadewi, Sekretari Jenderal Perkosmi yang menjelaskan soal bagaimana bersaing dengan kosmetik kompetitor.
"Konsumen sekarang semakin pintar untuk mendapatkan informasi, jadi sangat penting bagi kita juga update soal bagaimana harga Kosmetik di pasaran. Jangan lupa juga menjaga kualitas produk yang ingin kita jual," ungkapnya.
"Produsen kosmetik Lokal harus lebih memanfaatkan kedekatan mereka dengan konsumen dengan menawarkan berbagai inovasi dan harus lebih cepat merespon pasar," lanjut Yanne.
Kolaborasi juga dinilai penting untuk membuat bisnis kosmetik semakin berkembang dan bisa bersaing di pasaran.
"Sebenarnya perlu sekali untuk kerjasama dengan banyak pihak, seperti di Cosmetic Day ini kita bisa bertemu banyak pelaku usaha lain. Kita jugua sebagai industri lokal jangan sampai kalah kualitasnya dengan produk impor," saran Solihin.
Baca Juga: Cosmetic Day 2024, Kisah Sukses Followme Indonesia yang Bermitra dengan Industri Besar
(*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Cosmetic Day 2024 Resmi Ditutup dengan Transaksi Sebesar Rp215 Juta Hanya Dalam 4 Hari
KOMENTAR