Stylo Indonesia - Tokopedia melalui Mitra Tokopedia kini fokus menjadi platform dengan skala dan lingkup yang lebih spesifik untuk menghasilkan dampak positif kepada seluruh pihak di dalam ekosistem secara jangka panjang.
“Di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya),” ujar Head of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya.
“Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis Produk Digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih,” jelasnya.
21 jenis Produk Digital tersebut dibagi atas tiga kategori, antara lain: Pembelian, yang mencakup 5 produk seperti Pulsa dan Voucher Game, Dompet Digital, yang mencakup 3 produk seperti Saldo Dompet Gojek dan Top Up GoPay dan Pembayaran, yang mencakup 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.
“Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang,” ujar Carlo.
“Selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital, untuk bisa lebih mudah membeli produk digital dari individu atau pemilik usaha (termasuk warung) yang bergabung di Mitra Tokopedia,” jelasnya.
Masyarakat di lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia bisa mengakses berbagai produk digital–seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik, tagihan BPJS, biaya pendidikan dan produk digital lainnya–melalui individu atau pemilik usaha yang bergabung di Mitra Tokopedia.
“Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4x lipat,” ujar Carlo.
Berkat Mitra Tokopedia, pemilik warung di Sidoarjo salah satunya bisa bangkit dari pandemi, beromzet belasan juta per hari dan berdayakan ribuan warga.
Baca Juga: Tren Baju Lebaran Paling Diburu dan Ide Hampers Lebaran 2023 dari Tokopedia
Aditya Hermawan Sanjaya sudah mulai berbisnis sejak kuliah. Awalnya, ia menjual produk voucher telepon fisik, namun seiring berkembangnya teknologi, Aditya ikut beradaptasi.
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR