Stylo Indonesia - Ramadan menjadi momen di mana masyarakat Indonesia akan berbelanja banyak kebutuhannya.
Di bulan Ramadan tahun ini, masyarakat cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat kanal online.
Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini.
Tokopedia membocorkan sejumlah kategori produk yang paling laris selama 2 minggu pertama Ramadan tahun ini yaitu Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman.
“Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” jelas Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.
Pada kategori Fesyen, scarf wanita, baju koko pria, dan busana muslim keluarga menjadi fashion item yang banyak diburu jelang Lebaran tahun ini.
Sedangkan pada kategori Perawatan Diri, produk seperti parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat.
“Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” jelas Nuraini.
Sedangkan peningkatan pada kategori produk lainnya seperti makanan dan minuman, perlengkapan rumah, hingga otomotif lebih berkaitan pada kebutuhan selama puasa dan jelang Ramadan, serta persiapan Lebaran dan mudik.
Bulan puasa juga tidak terpisahkan dari momen berbagi dengan kerabat maupun teman.
Baca Juga: Tren Baju Lebaran 2023, Model Tas untuk Tampil Modis saat Silaturahmi
Hal itulah pula yang membuat produk seperti hampers atau parsel turut meningkat penjualannya.
Nuraini memberikan ide hampers atau parsel yang bisa berguna bagi kerabat yang akan kita berikan.
Menurutnya, ia cenderung menghindari hampers berupa makanan atau minuman yang harus segera dikonsumsi karena satu orang mungkin akan mendapatkan banyak hampers dan tidak sempat mengonsumsi semuanya segera.
Oleh sebab itu, Nuraini lebih menyarankan hampers berupa makanan frozen food yang bisa disimpan dan dikonsumsi dalam beberapa hari kemudian.
Hampers berisi dekorasi rumah seperti pewangi ruangan juga menurutnya berguna bagi penerima tanpa harus mengkhawatirkan masa konsumsinya.
Untuk membantu masyarakan memenuhi berbagai kebutuhan selama Ramadan sekaligus membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini, Tokopedia menciptakan berbagai inisiatif berpendekatan Hyperlocal.
Mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yaitu halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli, Tokopedia NYAM! yang membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat, hingga Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.
Promo Ramadan Tokopedia
Untuk mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat selama Ramadan tahun ini, Tokopedia menggelar #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023.
Promo ini berisi berbagai kampanye, seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store, dan Waktu Indonesia Belanja.
Baca Juga: Tren Baju Lebaran 2023, Rekomendasi Abaya Hitam Elegan untuk Tampil Berkelas!
Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp 2.000, belanja minimum Rp 20.000 bisa bebas ongkir, dan masih banyak lagi.
Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp 750.000 serta cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.
Khusus 14 April 2023, Tokopedia akan menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90%, serta cashback sampai Rp1 juta. (*)
Baca Juga: Tren Baju Lebaran 2023, Rekomendasi Baju Sarimbit Keluarga Modern 2023
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Rekomendasi Tempat Makan Katsu ala Jepang yang Enak di Cikarang, Jadiin List Weekend Ini!
KOMENTAR