Stylo Indonesia - Dalam rangka perayaan hari ulang tahunnya ke-13, Tokopedia mengadakan media gathering yang berlokasi di Kaum Jakarta pada Kamis (18/8/22) lalu.
Ulang tahun Tokopedia sendiri jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Pada kesempatan tersebut, Tokopedia mengungkapkan bahwa fashion dan kecantikan menjadi salah satu kategori paling laris pada platform belanja online mereka.
Hal ini disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya sebagai Head of External Communications Tokopedia dan Sherine Pranata selaku Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia yang menjadi pembicara pada acara tersebut.
Tokopedia memiliki beberapa inisiatif yang dilakukan bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM lokal.
Salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat.
Inisiatif ini bertujuan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia, termasuk dari industri fashion dan kecantikan punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
“Pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi,” ujar Sherine.
“Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” tambahnya.
Kehadiran inisiatif Hyperlocal membuat Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia, termasuk bagi konsumen perempuan.
Tren ini dilihat selama setahun ke belakang yaitu dari Agustus 2021 hingga Agustus 2022.
Di kategori Fesyen, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blus dan daster, serta sneakers wanita adalah beberapa produk yang paling laris.
Sedangkan di kategori Kecantikan, produk pembersih, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk yang paling populer.
Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lainnya sepanjang Agustus 2021 hingga Agustus 2022.
Peningkatan transaksi dan jumlah penjual tertinggi pada kategori Fesyen dan Kecantikan ternyata justru didominasi oleh daerah di luar Pulau Jawa.
Wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Fesyen adalah Kabupaten Biak Numfor, Humbang Hasundutan, Muaro Jambi, Waropen, dan Sabu Raijua.
Rata-rata peningkatan transaksi ini bahkan lebih dari 3 kali lipat.
Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Fesyen adalah Kabupaten Muaro Jambi, Halmahera Tengah, Tebo, Waropen, dan Sabu Raijua.
Kemudian wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Kecantikan adalah Kabupaten Muaro Jambi, Tanah Datar, Solok, Agam, dan Biak Numfor.
Rata-rata peningkatan transaksinya mencapai 4 kali lipat.
Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Kecantikan adalah Kabupaten Halmahera Tengah, Muaro Jambi, Solok, Tebo, dan Tanah Datar
Hal ini tentunya menunjukkan potensi besar bagi pelaku UMKM di bidang fashion dan kecantikan Indonesia secara merata, tak hanya terpusat di Pulau Jawa.
Sepanjang bulan Agustus 2022, untuk merayakan ulang tahun ke-13, Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye.
Di antaranya Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130. (*)
Baca Juga: Awas Penipuan Lowongan Kerja Atas Nama Tokopedia, Ini Cirinya!
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR