Stylo Indonesia - Tokopedia baru saja meresmikan pusat layanan pengguna Tokopedia Care di Yogyakarta pada Rabu (15/6/22) lalu.
Peresmian ini turut dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, Vice-Chairman and Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, serta Senior Vice President of Sales Operation and Product Tokopedia Rudy Dalimunthe.
Leontinus menjelaskan, kehadiran Tokopedia Care di Yogyakarta salah satunya dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah pembeli di Tokopedia selama kuartal I 2022.
Tokopedia Care Yogyakarta juga membuka peluang kerja bagi para talenta digital terbaik DIY, termasuk bagi perempuan dan difabel.
Bekerja sama dengan PT IGT Solutions, Tokopedia Care Yogyakarta kini telah berhasil memberdayakan lebih dari 900 karyawan yang sebagian besar merupakan warga lokal setempat.
Langkah Tokopedia mendirikan Tokopedia Care di Yogyakarta diapresiasi oleh pemerintah DIY, salah satunya karena telah membuka lapangan pekerjaan untuk warga setempat.
“Semoga pusat layanan pengguna ini dapat terus memberikan solusi terbaik bagi masyarakat. Hadirnya Tokopedia Care Yogyakarta juga bisa memberikan lapangan pekerjaan untuk talenta terbaik di DIY, termasuk perempuan dan difabel,” ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Tokopedia mengedepankan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di setiap inisiatif, termasuk Tokopedia Care.
“Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang mengimplementasikan digital customer service atau layanan pengguna yang sepenuhnya berbasis digital,” jelas Rudy.
Baca Juga: Mulai Traveling Lagi, Tokopedia Ungkap Tiket Pesawat, Kereta Api, dan Hotel Laris Manis!
Artinya, pengguna Tokopedia dapat mengakses dan menyelesaikan segala kendala secara cepat, tepat, dan transparan melalui layanan 24/7 Tokopedia Care yang tersedia lewat berbagai kanal digital, termasuk chatbot, live chat, media sosial, email, hingga Pusat Resolusi.
Gedung Tokopedia Care Yogyakarta juga dilengkapi dengan sederet fasilitas yang mendukung produktivitas karyawan dari berbagai latar belakang.
“Gedung Tokopedia Care memiliki infrastruktur yang ramah difabel. Mulai dari meja khusus pengguna kursi roda, jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, hingga musala dan kamar kecil yang dirancang khusus untuk difabel,” ungkap Rudy.
Untuk mempermudah pelaku UMKM DIY dalam mengembangkan usaha, Tokopedia Care Yogyakarta nantinya juga akan dilengkapi dengan Merchant Engagement Hub.
Lewat wadah ini para UMKM dapat berkumpul, berkonsultasi dengan tim Tokopedia Care, dan mengikuti berbagai program edukasi lainnya. (*)
Baca Juga: UMKM Sepatu Lokal Amazara Sukses Jangkau Pasar Lebih Luas dengan Dilayani Tokopedia
KOMENTAR