Stylo.ID – Belanja merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi banyak orang, terutama perempuan. Apalagi, saat ini kegiatan belanja bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu lagi repot-repot datang ke store.
Selain praktis, belanja online juga menawarkan efisiensi waktu. Hanya butuh waktu beberapa menit proses pemesanan, Stylovers sudah bisa menyelesaikan transaksi dan menunggu produknya dikirim ke rumah.
Menariknya lagi, harga yang ditawarkan toko online juga relatif lebih murah dan pilihan barang yang ditawarkan pun lebih beragam. Oleh sebab itu, tren belanja online terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada kuartal I tahun ini, Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksi e-commerce tumbuh 19,83 persen secara tahunan.
Pertumbuhan nilai transaksi e-commerce mendorong berbagai brand melakukan inovasi digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan belanja online yang mudah dan menguntungkan. Tidak terkecuali bagi brand alas kaki dan aksesori dan asal Ceko, Bata.
Di Indonesia, Bata melakukan pembaruan pada website www.bata.id dengan menghadirkan layanan pemesanan produk Bata secara online. Dengan begitu, pelanggan dapat membeli produk Bata melalui ponsel maupun komputer.
Country Manager Bata Indonesia Ajay Ramachandran mengatakan, pembaruan tersebut dilakukan karena ekosistem bisnis di Indonesia semakin berkembang ke arah digital.
“Inovasi ini mengikuti negara-negara di Eropa, di mana 25-30 persen dari bisnis alas kaki berlangsung secara digital," ungkap Ajay dalam keterangan resmi yang diterima Stylo.id, Selasa (14/6/2022).
Melalui website Bata.id, Stylovers bisa menemukan berbagai koleksi sepatu, sandal, tas, dan aksesori, baik untuk pria, wanita, maupun anak-anak. Bahkan, beberapa koleksi yang ditawarkan bersifat eksklusif sehingga tidak akan ditemukan di toko offline Bata.
"Ada sekitar 20-25 persen dari produk-produk Bata yang dijual melalui website Bata, serta toko resmi Bata di e-commerce, koleksi eksklusif tersebut hanya terdapat secara online,” ujarnya.
Dengan berbelanja melalui website Bata, pelanggan juga bisa menikmati loyalty program dengan menjadi anggota Bata Club. Program tersebut memberikan berbagai keuntungan bagi para pelanggan setia Bata.
Baca Juga: Diet Bisa Menyebabkan Jerawat, Simak Penjelasan Berikut Ini!
Pelanggan bisa mengumpulkan dan menukarkan poin Bata Club setiap melakukan pembelian melalui website Bata. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan menjadi potongan harga atau promo gratis ongkos kirim (ongkir).
Enggak kalah menarik, pelanggan juga bisa membeli produk bata melalui Bata Chatshop di WhatsApp. Pelanggan dapat mengakses Bata Chatshop melalui tautan bit.ly/chatshopbata.
Pelanggan yang melakukan transaksi melalui Bata Chatshop, bisa mendapatkan gratis ongkir sebesar Rp 10.000 dengan minimal pembelian Rp 199.000 dan potongan Rp 25.000 dengan minimal pembelian Rp 400.000.
Jika mengalami kesulitan saat berbelanja produk-produk Bata secara online, baik melalui website maupun WhatsApp, pelanggan bisa menghubungi tim customer service. Pelanggan bisa menghubungi customer service Bata melalui pesan WhatsApp di nomor +6221 5086 4211 atau e-mail id.customerservice@bata.com.
Selain menghadirkan kemudahan bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara online, Bata juga melakukan inovasi digital untuk layanan pembelian di toko offline dengan memanfaatkan omnichannel platform.
“Omnichannel platform mengintegrasikan toko Bata di seluruh Indonesia dalam satu platform secara online untuk memudahkan pelanggan mendapat produk yang ingin dibeli melalui toko Bata di wilayahnya,” jelas Ajay.
Baca Juga: Tips Menjadi Menantu Idaman, Bikin Mama Mertua Semakin Sayang!
Saat ini, kata Ajay, Bata memanfaatkan omnichannel platform dengan sistem Salesforce dan Oracle. Omnichannel platform diberlakukan di 200 toko Bata di seluruh Indonesia sehingga masyarakat Indonesia sampai ke kota-kota kecil dan pelosok dapat membeli produk Bata yang sesuai dengan keinginannya.
Dengan begitu, ketika pelanggan ingin membeli suatu produk, tetapi nomor atau warna yang diinginkan tidak tersedia di toko offline yang dikunjungi, pihak toko bisa mengecek ketersediaan produk yang diinginkan pelanggan di toko-toko Bata lain di seluruh Indonesia.
Apabila produk tersebut tersedia di toko Bata lain, pelanggan tetap dapat melakukan pembelian di toko tersebut. Produk yang dipilih akan dikirim melalui bantuan jasa ekspedisi ke rumah pelanggan.
Ajay pun menambahkan, Bata juga terus melakukan penyesuaian dalam merilis produk-produk baru setiap tahun. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah seiring situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.
“Mulai tahun ini dan seterusnya, Bata akan fokus menyediakan ke produk-produk formal yang dapat dikenakan pelanggan saat ke kantor, ke pesta pernikahan, dan acara formal lainnya. Bagi pelanggan perempuan, Bata juga menghadirkan produk sepatu formal, lengkap dengan koleksi tas tangan yang senada,” ujarnya.
Selain itu, karena health dan wellness telah menjadi sesuatu yang penting saat ini, Bata juga fokus menyediakan walking shoes, running shoes, dan outdoor shoes.
Sementara untuk kategori Bata Kids, Bata akan terus melanjutkan kerja sama dengan Marvell dan Disney untuk menghadirkan koleksi alas kaki yang lucu dan digemari oleh anak-anak.
Untuk mendapatkan informasi seputar koleksi terbaru dan program-program promosi dari Bata, follow akun Instagram resmi Bata @bataindonesia dan Facebook @BataIndonesia.
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Cara Benar Membersihkan Dispenser Agar Kualitas Air Minum Terjaga, Mama Milenial Wajib Tahu!
KOMENTAR