Stylo Indonesia - Lokasi suatu UMKM lokal yang berada di kota tertentu tak menghalangi produknya bisa dibeli dan digunakan oleh masyarakat dari pulau lain yang beribu kilometer jaraknya.
Terlebih, kini ada berbagai fitur yang ditawarkan oleh marketplace untuk semakin mendorong UMKM lokal.
Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Amazara, UMKM asal Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan dan telah bergabung di Tokopedia sejak Agustus 2017.
Kini Amazara memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta dan Surabaya.
“Jangkauan pengiriman kami sejak menggunakan Dilayani Tokopedia meluas ke Papua. Jumlah pesanan di provinsi luar Pulau Jawa pun meningkat secara signifikan, dengan kenaikan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Lampung,” terang Uma Hapsari, pemilik usaha Amazara.
Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia, Uma mengaku pengelolaan stok lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman, dan pesanan langsung dikemas sehingga lebih cepat diterima oleh pembeli.
Kemudahan dari fitur ini juga memberikan dirinya waktu lebih untuk fokus di pengembangan brand.
Selain Amazara, juga ada Toko Kopi Gayo, UMKM Aceh yang menjual kopi specialty dengan harga terjangkau yang telah bergabung di Tokopedia sejak Mei 2016.
Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Omzet untuk UMKM dari Tokopedia, Pelajari Yuk!
Iwan Aramiko sebagai pemilik Toko Kopi Gayo, mengaku bahwa lokasi produksi dan penyimpanan produknya yang ada di pedalaman Aceh sempat menjadi tantangan dalam pelayanan dan logistik.
Akhirnya, ia memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta.
“Sejak memanfaatkan Dilayani Tokopedia, Toko Kopi Gayo dapat menjaring pasar di Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Tidak hanya ongkos kirim yang semakin terjangkau, produk juga bisa sampai di tangan konsumen lebih cepat dibanding kami kirim langsung dari Aceh,” jelas Iwan.
“Bagi Toko Kopi Gayo, Tokopedia berada di urutan pertama dalam kontribusi terhadap omzet,” sambungnya.
Dilayani Tokopedia, yang juga merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia, membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.
Data internal Mei 2022 menunjukkan bahwa transaksi rata-rata para penjual setelah menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelum menggunakan Dilayani Tokopedia.
Gudang pintar Dilayani Tokopedia yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia merupakan salah satu upaya Tokopedia dalam membantu pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal untuk memaksimalkan penjualan.
“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuartal I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibanding kuartal I 2021,” ungkap Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.
Dilayani Tokopedia juga membuat proses belanja kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia lebih cepat dan efisien.
Di kuartal I 2022, pengiriman barang tercepat melalui Dilayani Tokopedia adalah 10 menit sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli.
Beberapa kategori dengan transaksi tertinggi lewat Dilayani Tokopedia pada kuartal I 2022 adalah produk Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, serta Rumah Tangga. (*)
Potret Gemes Lyodra Manggung di Malam Tahun Baru 2025, Pakai Mini Dress Pink Ngejreng
KOMENTAR