Stylo Indonesia - Hai Stylovers, sudah mulai belanja persiapan Lebaran belum, nih?
Selama bulan Ramadan terutama menjelang Lebaran, biasanya kebutuhan masyarakat meningkat, nih.
Mulai dari berbelanja bahan makanan untuk menu sahur dan berbuka, baju baru untuk Lebaran, hampers untuk keluarga dan teman, hingga kue kering untuk hari Lebaran.
Itulah mengapa tren belanja pastinya meningkat selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.
Terlebih, sejak beberapa tahun ke belakang tren berbelanja online lebih digandrungi oleh masyarakat karena adanya kemudahan dari menggunakan platform belanja online seperti marketplace.
Meningkatnya tren belanja di Tokopedia juga ikut meningkat selama Ramadan 2022 ini.
Hal ini disampaikan pada acara Offline Media Gathering dengan topik Bicara Tren Ramadan dan Buka Puasa Bersama yang diselenggarakan oleh Tokopedia di Bale Nusa, Jakarta Selatan pada Senin (25/4/2022).
Tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif yang dilakukan Tokopedia untuk masyarakat Indonesia termasuk UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia.
Salah satunya adalah Tokopedia Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar di Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.
Baca Juga: Tren Belanja Jelang Lebaran 2022 di Tokopedia, Jilbab dan Parfum Perempuan Paling Diburu!
Tak ketinggalan ada juga Tokopedia NOW!, layanan 24 jam dalam 7 hari yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian dalam waktu pengiriman maksimal dua jam setelah pembayaran.
Yup, kebutuhan harian ini termasuk bahan-bahan seperti sembako, daging, sayur, buah, dan sebagainya, lho.
“Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” bubuh Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.
Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misalnya lewat Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
Ada juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng sejumlah UMKM lokal di industri fashion termasuk fashion muslim, salah satunya seperti Wearing Klamby.
Selain itu, ada kampanye Parsel Ramadan yang menghadirkan ribuan pilihan parsel mulai dari Rp50 ribuan yang bisa dipilih oleh konsumen yang ingin berbagi di bulan Ramadan ini.
Contoh UMKM yang ikut serta dalam kampanye ini adalah Dekayu Indonesia.
Bagi para penjual, Tokopedia juga menyiapkan materi edukasi #SIAPRAMADAN 2022 untuk memaksimalkan penjualan UMKM lewat Pusat Edukasi Seller. (*)
Baca Juga: Peringatan Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Bagi Karyawan dan UMKM
KOMENTAR