Stylo Indonesia - Merayakan Hari Kartini 21 April 2022, Tokopedia mengadakan virtual media briefing pada Kamis (21/04/2022).
Pada peringatan tersebut, Tokopedia berbagi informasi bahwa Tokopedia terus mengedepankan inklusivitas demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri.
“Siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia. Kini ada lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil,” jelas VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat.
Puput turut berbagi mengenai fasilitas Tokopedia yang inklusif bagi karyawannya.
Mulai dari infrastruktur gedung Tokopedia Care yang sangat ramah difabel dengan adanya jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan, hingga kamar kecil dan ruang salat yang dirancang untuk difabel.
Kantor Tokopedia juga memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak.
Ada pula benefit cuti hamil atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar karyawan yang merupakan seorang ibu atau ayah sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua.
“Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” tambah Puput.
Tokopedia tak ketinggalan berbagi mengenai inklusivitas pada perempuan pegiat UMKM yang membuka tokonya di Tokopedia.
Baca Juga: Dukung UMKM Fashion Muslim Lokal, Tokopedia Kembali Hadirkan Ramadan in Style
Menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.
Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.
Pada kesempatan kali ini Tokopedia juga turut mengundang pemilik Dekayu dan Diet Special Needs sebagai contoh Kartini pegiat UMKM lokal di Tokopedia.
Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda (Nia), asal Yogyakarta, memberdayakan sejumlah pengrajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul, dan menghasilkan berbagai peralatan makan serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.
“Di Ramadan 2021 lalu, transaksi kami lewat Tokopedia melonjak lebih dari empat kali lipat. Di Ramadan tahun ini, untuk memaksimalkan penjualan, kami sudah menyiapkan stok produk dan mengikuti berbagai program Tokopedia, seperti Home Living SALEbrations dan Parsel Ramadan,” jelas Nia.
Sedangkan Difansa Rachmani, Pemilik Diet Special Needs, memulai usaha karena memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan melihat peluang untuk memberikan kesempatan yang sama bagi ABK dan masyarakat lain untuk mendapatkan opsi makanan yang sesuai kebutuhan.
“Bahan makanan Diet Special Needs diproses secara khusus tanpa terigu, gula pasir, susu dan turunannya, seafood dan bahan alergen lainnya agar bisa dikonsumsi oleh ABK, serta masyarakat dengan diabetes, hipertensi, autoimun, asam lambung, kanker, alzheimer, kulit sensitif atau alergi lainnya,” jelasnya.
Di sisi lain, Difa melihat bahwa kunjungan toko Diet Special Needs meningkat hingga sepuluh kali lipat karena memanfaatkan TopAds, fitur beriklan dari Tokopedia. (*)
Baca Juga: Ramadan Cuan: 3 Rekomendasi Model Gamis Modern dengan Diskon Mulai dari 50 Persen di Tokopedia
KOMENTAR