Stylo Indonesia - Peluang bisnis di era digitalisasi saat ini memang sangat terbuka luas, apalagi menjelang momen Ramadan yang bisa menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk meraup cuan.
Berbagai sektor bisnis biasanya mengalami peningkatan penjualan salama Ramadan, seperti bisnis skincare lokal yang saat ini semakin melejit di pasaran.
Kisah Ramadan Cuan yang akan Stylo Indonesia angkat kali ini berasal dari merek skincare lokal yang pasti Stylovers sudah tak asing lagi.
Yap, salah satu Founder dari skincare lokal Skeeneeds, yang produk pertama Sunscreen Mist diluncurkan langsung nghits, kali ini akan berbagi cerita soal bagaimana membangun bisnis kecantikan.
Narasumber yang akan berbagi cerita soal mengelola bisnis skincare lokal yaitu Jolanda Barbier selaku Founder & Operational Director dari Skeeneeds.
Langsung saja, yuk, simak pemaparan selengkapnya dari Jolanda berikut ini.
Berawal dari tipe kulit yang berbeda di antara 3 sekawan Jolanda, tercetuslah untuk membuat skincare yang bisa cocok untuk semua tipe kulit
Nah, Stylovers, awal mula Skeeneeds terbentuk menurut pemaparan Jolanda yaitu seputar perbedaan skincare yang dipakai dirinya bersama kedua sahabatnya.
Hal itu tentu disebabkan oleh perbedaan jenis kulit antara Jolanda dengan kedua sahabatnya, maka dari itu, ketiganya terpicu untuk membuat skincare yang bisa cocok untuk semua jenis kulit.
Baca Juga: Ramadan Cuan: Tips Raup Untung dari Cerita Bisnis Online Skincare Lokal dan Makanan Rumahan
Karena bisnis ini berangkat dari hubungan sahabat, jadi nilai brand Skeeneeds sendiri ingin menjadi sahabat bagi kulit para pelanggannya.
Lahir dengan produk pertama Sunscreen Mist, Skeeneeds menjadi salah satu brand skincare lokal yang lahir di masa pandemi Covid-19 yang langsung mencuri perhatian para Beauty Junkie di Indonesia.
"Pertamanya kita survey dulu, setelah terkumpul datanya, ternyata banyak orang yang masih jarang pakai sunscreen. Nah, terus tercetuslah ingin membuat sunscreen. Karena Skeeneeds ada di masa pandemi, gimana ya bikin produk yang efektif dan mudah dipakai dalam menggunakan sunscreen. Sehingga kita membuat Hyaluronic Acid Sunscreen Mist," ujar Jolanda.
Nah, Stylovers, di awal tim Skeeneeds sempat ragu dengan produk skincare sunscreen mist, apakah akan bisa diterima di pasaran, karena saat itu produk sunscreen mist sudah ada dibuat oleh brand lokal tapi belum banyak.
Ketika Skeeneeds Sunscreen Mist diluncurkan, ternyata antusiasme Beauty Junkie menyambut brand lokal Skeeneeds sangat tinggi untuk produk pertama yang dipasarkan.
"Bahkan dalam waktu sebulan kalau enggak salah, pernah sold out dalam waktu dua minggu. Jadi pernah kita dalam dua minggu itu kita hanya buat konten dan edukasi tentang sunscreen, karena produk sudah laku terjual. Setelah dua minggu, baru stok masuk dan bisa lanjut lagi penjualan," kata Jolanda soal antusiasme pelanggan Skeeneeds.
Tidak memiliki latar belakang dunia bisnis, Jolanda dan kedua sahabat bermodalkan pengalaman pernah bekerja di perusahaan kecantikan
Sama-sama belum memiliki pengetahuan soal bisnis, Jolanda bersama sahabatnya menggali ilmu dan pengetahuan bisnis dari awal dengan mengikuti kelas-kelas enterpreneurship, membuat laporan, perpajakan, dan networking dengan vendor-vendor.
Tak ketinggalan, Jolanda dan tim Skeneeds harus membuat timeline suatu brand kecantikan dalam setahun mau bagaimana programnya.
"Seperti produk terbaru kita yaitu masker, sempat peluncurannya agak mundur karena kemasan produk yang terlambat datang ke Indonesia. Itu yang menjadi tantangan bagi kita yang sampai sekarang membuat kita terus belajar," ujar Jolanda.
Bagaimana Skeeneeds melihat peluang bisnis dalam momentum Ramadan
"Buat ningkatin penjualan, balik lagi kita akan ngadain promo selain diskon dan voucher, kita give away, give with purchase, dan akan ada KOL yang akan bantu promosi produk kita," jelas Jolanda soal menjalankan bisnis saat Ramadan.
Jolanda menambahkan, tips bisnis online Ramadan Cuan yaitu pastikan kita eksis di media sosial apapun, mulai dari Instagram, Tik Tok, Youtube, Twitter dan lainnya.
Kalau bisa aktif juga di seluruh marketplace dan ecommerce, masukin aja produk kita di semua online market, karena setiap platform memiliki marketnya tersendiri.
Dan yang enggak kalah penting tips dari Jolanda yaitu jangan lupa untuk memulai, ya, Stylovers!
Nah, itulah pemaparan cerita dari Jolanda Barbier sebagai pebisnis skincare lokal mengenai lika-liku membangun brand Skeeneeds.
Baca Juga: Rekomendasi Skincare Halal Agar Kulit Tetap Terawat Saat Bulan Puasa, Glowing dalam 2 Minggu!
Semoga cerita ini bisa menginspirasi Stylovers dalam menyambut peluang bisnis Ramadan Cuan. (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Potret Gemes Lyodra Manggung di Malam Tahun Baru 2025, Pakai Mini Dress Pink Ngejreng
KOMENTAR