Stylo Indonesia - Sekilas, kemeja putih mungkin tampak seperti sepotong busana yang begitu sederhana.
Sebuah kemeja dengan potongan basic, berwarna putih pula, warna yang dianggap paling polos di antara ribuan warna dan motif yang bisa digunakan pada pakaian kita.
Namun tanpa disadari, sepotong kemeja putih memainkan peran besar pada banyak momen istimewa dalam hidup kita lho, Stylovers.
Sidang kelulusan, wawancara kerja, hingga hari pertama kerja, semua momen tersebut merupakan momen penting yang dilalui oleh banyak orang dengan mengenakan kemeja putih terbaiknya.
Selain pada momen-momen formal, kemeja putih juga bisa menjadi pilihan busana yang sangat fleksibel dipadupadankan untuk berbagai kesempatan, lho.
MASSHIRO&Co. membawa keistimewaan kemeja putih ke dalam kancah brand fashion lokal Indonesia.
Setelah memahami bagaimana MASSHIRO&Co. memandang sepotong kemeja putih, mungkin pandanganmu soal kemeja putih yang tampak sederhana juga bisa berubah nih, Stylovers.
Menurut Katharina Inkiriwang, CEO dari MASSHIRO&Co., kemeja putih merupakan fashion item terpenting yang perlu ada di setiap lemari baju.
Tak hanya bagi perempuan bekerja, kemeja putih bisa digunakan oleh siapa saja dan membuat pemakainya terlihat selalu rapi, sophisticated, dan bersih dalam berbagai penampilan.
Baca Juga: Anti Bosen, Intip Padu Padan Outfit Hijab Kemeja Putih Untuk Hijabers Biar Tetap Modis
Keunggulan kemeja putih juga terletak pada sifatnya yang versatile, bisa dipadupadankan dengan berbagai macam fashion item lainnya untuk menciptakan tampilan dengan gaya berbeda.
MASSHIRO&Co. lahir dari kegundahan Katharina sendiri bersama seorang partner kerja perempuannya yang kala itu sama-sama baru melahirkan anak pertamanya dan sedang bersiap untuk kembali bekerja.
Sebagai seorang perempuan karier, kemeja putih tentunya menjadi salah satu pilihan busana andalan untuk bekerja.
Namun, Katharina menyadari bahwa kemeja yang biasa ia gunakan sangat mudah kusut saat harus digunakan seharian di kantor, ditambah dirinya saat itu perlu memompa ASI beberapa kali sebagai seorang ibu menyusui.
Lahirlah kebutuhan akan kemeja putih yang tetap bisa rapi walau digunakan sepanjang hari.
“Kita lihat ada opportunity bahwa belum ada nih kemeja yang enggak gampang lecek, bisa dipakai seharian, harganya juga affordable tapi kualitasnya bagus untuk bisa dicuci-pakai sampai 30 kali lebih,” tukas Katharina.
Nama MASSHIRO&Co. sendiri diambil dari bahasa Jepang “masshiro” yang artinya sangat putih atau pure white.
“Kita sangat terinspirasi akan kerapian dan struktur yang ada di kebudayaan Jepang, sesuatu yang sangat sesuai dengan MASSHIRO&Co. as a brand. Sangat sleek, enggak aneh-aneh, very classic,” jelas Katharina.
“Dan juga nilai-nilai yang mereka pegang, yang kita junjung tinggi kayak honor dan integrity,” lanjutnya.
Sentuhan Istimewa Bagi Kesederhanaan
Model pertama yang dirilis oleh MASSHIRO&Co. adalah Aimi yang merupakan sebuah shirt dress.
“Memang sudah banyak ya yang bikin kemeja di akhir 2015 (waktu) itu, tapi yang bikin shirt dress yang bisa dipakai simpel tapi rapi juga itu masih sedikit banget,” kisah Katharina.
Aimi tampil dengan ciri khas 1,5 kerah, di mana kerah atasnya hanya berukuran setengah dari kerah bawahnya.
Menurut Katharina, keunggulan MASSHIRO&Co. adalah kualitas bahan dan pola yang tetap terlihat bagus di berbagai bentuk tubuh.
Namun, MASSHIRO&Co. juga berusaha menuangkan kreativitas untuk memberi sentuhan berbeda pada setiap model kemeja yang pada dasarnya begitu sederhana ini.
Misalnya sedikit twist di bagian kerah atau cuff, dengan model yang timeless atau tak lekang oleh waktu, sehingga tetap bisa digunakan hingga beberapa tahun ke depan.
Contohnya terletak pada Cha yang merupakan salah satu best seller dari MASSHIRO&Co. dengan kerah gandanya, atau kerah tanpa jahitan luar yang menjadi inovasi baru MASSHIRO&Co.
Selain kemeja putih, MASSHIRO&Co. juga memiliki beberapa model lain seperti shirt dress, celana pendek, hingga wide leg pants.
MASSHIRO&Co. juga kerap bermain dengan warna-warna lain dengan tetap fokus terhadap warna-warna yang bersifat timeless seperti hitam, biru navy, coklat, merah, Sky Blue, dan Plantation.
Hal penting lainnya yang perlu disorot adalah MASSHIRO&Co. memiliki sejumlah model dengan ukuran lingkar dada di atas 100 cm.
Baca Juga: Inspirasi Outfit Hijab dengan Kemeja Putih ala Selebgram Inas Rana yang Stylish dan Kekinian
Selain merupakan pertimbangan dari ide awal MASSHIRO&Co. yang muncul dari seorang ibu menyusui, Katharina juga ingin memberi pilihan pada perempuan yang tidak percaya diri dengan lingkar dada besar dan kerap kesulitan mencari pakaian.
“Kita tetap punya model-model dan pola-pola yang benar-benar terlihat bagus dan enggak membuatnya terlihat semakin besar,” ujarnya.
Pilihan Fesyen Berkelanjutan dan Etis
MASSHIRO&Co. juga merupakan salah satu brand fashion lokal yang mengusung sustainability dan ethical fashion.
Salah satu langkah berkelanjutan yang diambil oleh MASSHIRO&Co. adalah menggunakan kemasan dari biodegradable polybag yang terbuat dari singkong.
Selain itu, MASSHIRO&Co. juga mengeluarkan koleksi Matters by MASSHIRO&Co. menggunakan bahan yang sustainable dengan kualitas semirip mungkin dengan bahan yang biasa mereka gunakan.
Katharina juga mengaku MASSHIRO&Co. sangat memerhatikan seluruh supply chain mereka dalam rangka menjadi brand yang dapat melaksanakan ethical fashion.
“Kita benar-benar berusaha untuk punya kendali atas the whole supply chain dari awal sampai akhir,” tukasnya.
Gentingnya Bisnis Fashion di Masa Pandemi
Sebagai sebuah brand fashion lokal, tentunya kondisi pandemi turut memberi dampak terhadap MASSHIRO&Co.
Setelah penjualan offline di department store menurun drastis, MASSHIRO&Co. memutuskan untuk memperlebar distribusi online selain lewat website yang memang sudah berjalan sebelumnya, salah satunya lewat platform e-commerce seperti Tokopedia.
Di awal pandemi, MASSHIRO&Co. juga bertahan dengan hanya memproduksi produk best sellers mereka dan memberi sejumlah variasi pada produk best sellers tersebut.
Strategi itu sukses membuat MASSHIRO&Co. bertahan dengan adanya pelanggan setia, ditambah dengan bertambahnya pelanggan baru setelah masuk ke platform seperti Tokopedia.
“Karena range customer Tokopedia kan bervariasi banget sedangkan MASSHIRO&Co. (awalnya) cenderung niche,” jelas Katharina.
Sejak tersedia di Tokopedia, sudah dua kali MASSHIRO&Co. menjadi salah satu brand lokal yang berpartisipasi pada event Market & Museum x Tokopedia.
Pada November 2020 lalu MASSHIRO&Co. berpartisipasi dengan menyiapkan koleksi eksklusif, dan pada awal Februari 2021 lalu MASSHIRO&Co. melakukan peluncuran eksklusif untuk Home Collection mereka di Market & Museum at Home with Tokopedia.
“Kita juga merasa ada penambahan customer baru melalui channel Tokopedia. Dan untuk local brand, saya merasa Tokopedia merupakan channel yang baik untuk akuisisi pelanggan baru, agar mendapatkan exposure yang lebih besar pada saat kita mengikuti event-event tersebut,” ujar Katharina.
Melalui Tokopedia MASSHIRO&Co. juga dapat menjangkau customer baru dari berbagai daerah di luar pulau Jawa seperti, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi hingga ke Papua.
Dengan memperkuat penjualan dan branding MASSHIRO&Co. secara online, kini MASSHIRO&Co. sudah dapat kembali membuka distribusi offline lewat flagship store yang berada di ASHTA District 8 SCBD, Jakarta.
Sebuah proyek yang disebut Katharina sebagai proyek percobaan ini ternyata turut menuai respon yang positif dari para pelanggan yang tertarik mencoba busananya terlebih dahulu sebelum membeli.
Baca Juga: Mix and Match Busana Kasual Untuk Ke Kampus, Cocok Banget Untuk Kamu Mahasiswa Baru !
Kemeja Putih untuk Setiap Perempuan
Bagi setiap perempuan, Katharina menyarankan untuk memiliki kemeja putih yang kualitasnya bagus dari segi bahan, jahitan, dan pola karena ini merupakan model pakaian yang akan sering dipakai.
Selain itu, Katharina juga menyarankan untuk memilih kemeja yang potongannya tidak ketat agar bisa dipakai di momen kasual dan tetap bisa dipakai rapi dengan dimasukkan ke celana atau rok.
Katharina berharap MASSHIRO&Co. bisa menjadi brand lokal yang memberikan opsi pakaian berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.
“Kita berusaha untuk selalu bermain di nilai yang terjangkau tapi terus improve dari segi jahitan dan dari segi kualitas bahan kita,” ujarnya.
MASSHIRO&Co. juga berharap terus bisa menjadi solusi berpakaian bagi perempuan Indonesia dengan segala usia, latar belakang, bentuk tubuh, dan warna kulit.
Dari segi keberlanjutan, Katharina menekankan bahwa item-item MASSHIRO&Co. merupakan fashion item yang klasik dan bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang jika dirawat.
“Itu juga yang membedakan kita dengan brand lain yang mungkin lebih fast fashion. Jadi itu juga suatu nilai tambah yang ingin kita kasih ke fashion Indonesia, opsi yang slow fashion,” tutupnya.
Meski tampak begitu sederhana, ternyata kemeja putih memberikan pengaruh yang amat penting pada penampilan kita, ya!
Bagaimana denganmu, Stylovers? Apakah kamu sudah menemukan kemeja putih terbaik untuk momen-momen pentingmu? (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR