Stylo Indonesia - Rumah Mode Maquinn Couture berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam bidang fashion.
Maquinn Couture mampu tampilkan deretan busana batik di Ajang Mode Bergengsi Milan Fashion Week 2020/2021.
Sebagai salah satu delegasi tunggal Indonesia dalam ajang mode bergengsi tersebut, Maquinn Couture pamerkan batik Pekalongan dan Cirebon.
"Kami salut atas upaya dua anak muda di Maquinn Couture, apalagi dengan membuat konsep yang sangat orisinil," ujar Esti Andayani selaku Duta Besar Indonesia untuk Italia.
Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Komedo Hitam di Wajah! Yuk Coba Lakukan di Rumah
Dalam perhelatan mode tersebut, Maquinn Couture sukses menampilkan busana batik bertajuk 'Pilgrimage'.
Tema tersebut diambil karena Maquinn Couture berusaha menggabungkan dua kultur yang ada yaitu Indonesia dan Eropa.
Bagi Janice Pradipta Setyawan dan Benita Pradipta Setyawan selaku creative director Maquinn Couture, bahwa koleksi yang akan ditampilkan memiliki unsur floral yang mengadaptasi corak batik Indonesia.
Maquinn Couture juga menggabungkannya dengan unsur modern yang diambil dari gaya busana khas Eropa.
Baca Juga: Rekomendasi 3 Bahan Hijab yang Bisa Membuat Pipi Menjadi Tirus, Yuk Gunakan!
Busana yang ditampilkan oleh Maquinn Couture di Milan Fashion Week 2020/2021 ini paling banyak menggunakan motif batik berwarna emas, sebab wana emas akan memberikan kesan yang mewah dan megah.
Sedangkan untuk proses pembuatannya, Janice dan Benita mengaku hanya membutuhkan waktu paling lama satu setengah bulan saja, khususnya dalam busana materpiece yang ditampilkan.
Proses tersebut dilakukan sendiri oleh Maquinn Couture, mulai dari penenunan kain sutra, penggambaran motif batik dengan mengkombinasi teknik embroidery dan beading.
Baca Juga: 2 Pilihan Primer di Bawah 100 Ribu untuk Kulit Kering, Simak Kualitasnya!
“Eksistensi batik kedepannya tidak bergantung pada legalitas yang dimiliki batik, melainkan pada kebanggaan bangsa Indonesia menggunakan batik. Kami bermimpi, kelak batik Indonesia meraih
kemenangannya di dunia internasional dan menjadi kebanggaan dunia,” ujar Janice.
Sedangkan target yang ingin dicapai oleh Maquinn Couture ialah memeperlihatkan batik Indonesia dengan tren fashion Eropa, serta ingin berkolaborasi budaya dengan beberapa negara jadi tidak hanya dicintai Indonesia tapi internasional juga.(*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR