Mel Ahyar Pamerkan Busana Bertajuk Penti di Exhibition White Cube dalam IPMI Trend Show 2019

By Annisa Suminar, Rabu, 14 November 2018 | 13:13 WIB
Mel Ahyar pamerkan busana bertajuk Penti di Exhibition White Cube dalam IPMI Trend Show 2019 (Annisa Suminar/Stylo.ID)

Stylo.ID - Desainer ternama Mel Ahyar jadi salah satu desainer yang kembali menunjukkan koleksi terbarunya dalam sebuah ruang White Cube melalui ajang IPMI Trend Show 2019.

Di samping menjadikan seni sebagai sebuah karya, Mel Ahyar selalu menyampaikan pesan-pesan dan filosofi dalam setiap rancangan yang ia buat dengan tangan kreatifnya, seperti koleksi busananya yang dipamerkan di IPMI Trend Show 2019.

Dalam IPMI Trend Show 2019 kali ini, Mel Ahyar mengusung tema Penti yang terinspirasi dari hasil kekayaan bumi.

Koleksi busana Mel Ahyar yang bertajuk Penti di IPMI Trend Show 2019 (Annisa Suminar/Stylo.ID)

Baca Juga : Liliana Lim Pamerkan Koleksi Gracefully Fold di Exhibition White Cube dalam IPMI Trend Show 2019

Koleksi busana bertajuk Penti dari Mel Ahyar terinspirasi dari penduduk NTT, di mana penghasilan utamanya datang dari bercocok tanam, mereka sangat menghargai hasil bumi.

NTT merupakan provinsi yang sangat kaya dengan hasil alam yang berbeda-beda di setiap daerahnya, mulai dari pesisir pantai sampai pegunungan, masing-masing memiliki karakteristik sendiri.

Besarnya rasa penghargaan penduduk NTT akan hasil bumi, setiap tahunnya diadakan upacara Penti, yaitu upacara sebagai ucapan terima kasih terhadap hasil bumi, serta doa untuk kesuburan ke depannya.

Baca Juga : IPMI Trend Show Kembali Hadir Untuk Membaca Tren Mode Tahun 2019

Melihat adanya perbedaan dan karakteristik pada setiap hasil bumi layaknya manusia, Mel Ahyar terinspirasi untuk melihat hasil bumi dan alam sebagai manusia dan menuangkannya lewat fashion.

Dengan menampilkan koleksi Penti dalam instalasi yang memperlihatkan kesinambungan bumi dan manusia, di mana air menggambarkan siklus yang menjadi saksi langsung hubungan manusia dan alam di dalam setiap prosesnya, dari udara jatuh ke bumi, meresap menjadi hasil bumi dan kembali lagi naik ke udara; sebuah siklus yang tak pernah putus, siklus yang selalu memberi.

"Menandakan siklus lengkap, jadi air turun nyerap ke hasil bumi, kemudian balik lagi ke bumi, and then mengalir ke sungai dan balik lagi ke udara, itu instalasi dari koleksi ini," jelas Mel Ahyar saat ditemui dalam acara IPMI Trend Show 2019, di The Hall Senayan City, Jakarta, Selasa (13/11/2018).