6 Label Fashion Asal Indonesia Ikuti Fashion Trade Show CPM-MOSCOW

By Annisa Suminar, Kamis, 27 September 2018 | 13:44 WIB
6 Label Fashion Asal Indonesia Ikuti Fashion Trade Show CPM-MOSCOW (Dokumentasi Acara Fashion Trade Show CPM-Moscow)

Stylo.ID - Perkembangan industri fashion di Indonesia saat ini kian membanggakan.

Industri fashion Indonesia memang memiliki keunikan pada kekayaan seni budaya yang tertuang dalam berbagai kain tradisionalnya.

Selain itu, fashion Indonesia dikenal dengan fashion craft, yaitu produk fashion yang diperkaya dengan nilai seni pekerjaan tangan.

Baca Juga : Bikin Tampilan Flawless dengan DIY Concealer Sendiri di Rumah

Kedua hal ini, menjadi kekuatan industri fashion Indonesia dalam memasuki pasar dunia, walaupun terkadang hadir dalam skala industri kecil menengah yang harus menghadapi industri fashion ‘pabrikan’ pada umumnya.

Namun walaupun begitu, industri fashion tanah air menyumbang 3,76% PDB nasional di 2017 dari 16 kelompok industri kreatif.

Ekspor industri fashion tanah air bahkan meningkat 8,7% dibandingkan tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2017 yang mencapai 13,29 miliar dolar AS.

6 label fashion asal Indonesia ikuti Fashion Trade Show CPM-MOSCOW (Dokumentasi Acara Fashion Trade Show CPM-Moscow)

Baca Juga : Contek Gaya Chic Prilly Latuconsina dengan Outfit Mulai 99 Ribu Rupiah

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menanggapi data tersebut sebagai bukti industri fashion nasional memiliki daya saing tinggi di pasar internasional.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa di tengah persaingan yang kian kompetitif, industri fashion harus terus didorong, sehingga mampu bertahan dan meningkatkan penetrasi pasar internasional yang saat ini baru mencapai 1,6 persen.

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan daya saing industri fashion tanah air, Kementerian Perindustrian terus menjalankan berbagai program.