Hari Jadi Ke-25, Ini Rahasia Kino Indonesia Pertahankan Brand Ovale, Ellips, dan Cap Panda Tetap Relevan Bagi Masyarakat

By Cerysa Nur Insani, Sabtu, 9 November 2024 | 15:50 WIB
(Ki-Ka) Shasa Zhania-Digital Brand Ambassador Ovale, Lidwina Natalia - Head of Marketing Home and Personal Care Kino Indonesia, dr.Dian Pratiwi, SpDVE, FINSDV, FAADV - Dermatologist Dalam Acara Peluncuran Ovale Real Clay Mask. (Dok. Kino Indonesia)

Stylo Indonesia - Stylovers tentunya sudah tak asing dengan merek seperti Ovale dan Ellips, bukan?

Telah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia, kedua merek ini masih banyak digunakan oleh perempuan muda masa kini.

Merek produk perawatan kulit dan rambut yang legendaris di Indonesia ini merupakan bagian dari Kino Indonesia, perusahaan FMCG asli Indonesia.

Merayakan hari jadi ke-25 tahun di bulan Oktober 2024 lalu, Kino Indonesia selalu berupaya menjawab kebutuhan konsumen yang terus berkembang. 

Selain berfokus pada produk yang berkualitas, Kino juga menghadirkan inovasi dan inisiatif yang relevan dengan gaya hidup dan selera masyarakat Indonesia dari masa ke masa. 

Lewat berbagai rangkaian kegiatan dan inisiatif sebagai usaha untuk memperkuat posisinya sebagai merek yang tidak lekang oleh waktu, tak heran jika Kino masih menjadi pilihan favorit lintas generasi dan relevan bagi konsumen setianya. 

“Bagi kami, inovasi dalam menghadirkan produk tidak hanya tentang menjadi produk yang paling canggih, tapi bagaimana produk tersebut dapat menjawab sebuah kebutuhan sederhana yang memiliki dampak signifikan terhadap keseharian kehidupan konsumen,” ujar Sidharta Oetama, CEO Kino Indonesia.

Sidharta P Oetama, CEO Kino Indonesia. (Dok. Kino Indonesia)

“Pemikiran inilah yang menjadi dasar atas berbagai inovasi produk yang dihadirkan Kino Indonesia dan yang menjadikan produk kami relevan serta menjadi kecintaan lintas generasi meski produk tersebut sudah hadir sejak awal perjalanan Kino Indonesia,” tambahnya.

Komunikasi Brand dan Produk yang Relevan

Stylovers tentunya sudah tak asing dengan Cap Panda, merek minuman cincau dalam kemasan yang menjadi pilihan masyarakat dari berbagai generasi.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri Vebbyna Kaunang, Peluang Perempuan Memimpin di Industri FMCG Indonesia

Salah satu inisiatif Kino dalam komunikasi brand Cap Panda adalah mengangkat kearifan lokal Indonesia. 

Cap Panda Bali: [Kiri - Kanan] I Yande Adiana, S.Pd.,M.Pd, Penyarikan Yowana Bali MDA Kota Denpasar. Lie Joko Budiman, Head of Marketing Food & Beverage Kino Indonesia, _A.A Ariyuda Krismawan,S.H, Wakil Ketua Yowana Denpasar. (Dok. Kino Indonesia)

Cap Panda mengadakan rangkaian kegiatan berjudul #CapPandaTradisiIndonesia yang kembali memperkenalkan tradisi Indonesia yang sederhana tetapi mempunyai makna mendalam. 

Lewat kegiatan ini, Cap Panda menghadirkan inisiatif untuk melestarikan tradisi Indonesia lewat kegiatan yang relevan dengan kebiasaan masyarakat saat ini.

Inovasi dalam kategori produk personal care juga terus dihadirkan oleh Kino lewat merek Ovale

Tahun ini, Ovale merilis produk inovatifnya yaitu Ovale Real Clay Mask sebagai bentuk edukasi untuk meningkatkan kesadaran seputar pentingnya menjaga kesehatan serta kebersihan kulit dengan menyeluruh lewat cara yang mudah. 

Ovale: (Ki-Ka) Shasa Zhania-Digital Brand Ambassador Ovale, Lidwina Natalia - Head of Marketing Home and Personal Care Kino Indonesia, dr.Dian Pratiwi, SpDVE, FINSDV, FAADV - Dermatologist. (Dok. Kino Indonesia)

Dengan produk ini, Ovale memberi pemahaman mendasar soal pembersihan wajah yang benar, yang menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat urban yang aktif serta peduli dengan penampilan. 

Kehadiran Ovale Real Clay Mask diharapkan bisa membantu konsumen untuk mempunyai kulit  yang sehat lewat langkah yang sederhana tapi ampuh.

Di samping itu, Kino juga menunjukkan dedikasi terhadap pemberdayaan generasi muda perempuan Indonesia lewat merek Ellips.

Sepanjang tahun 2024, Ellips mengunjungi berbagai universitas di lima kota besar untuk mengadakan kegiatan yang berfokus pada pemberdayaan perempuan muda supaya lebih percaya diri dalam mengejar impian serta karier dengan seminar interaktif, kelas daring, serta pemilihan Campus Ambassador. 

Antusiame mahasiswa di Booth Ellips Product Experience dalam rangkaian Ellips Goes to Campus. (Dok. Kino Indonesia)

Dengan menghadirkan perawatan rambut yang mudah diaplikasikan dan cocok dengan gaya hidup perempuan muda, Ellips juga mendukung konsumen muda Indonesia untuk tampil percaya diri dalam setiap langkahnya.

Baca Juga: Ajak Kolaborasi, KINO Adakan Media Gathering untuk Jalin Hubungan Erat dengan Jurnalis

Selain terus menghadirkan inisiatif yang menjaga relevansi brand, Kino juga mendukung pertumbuhan industri FMCG lewat program untuk para pengusaha muda yang tengah membangun brand mereka. 

Lewat program Kinovation yang telah diadakan dari 2022, Kino memberi pelatihan untuk para pengusaha muda dari berbagai lini. 

Mulai dari menciptakan identitas brand, strategi distribusi serta penjualan, sampai program mentoring langsung dengan manajemen Kino.

Lewat berbagai inisiatif ini, Kino Indonesia berhasil menjaga relevansi produk-produknya yang telah hadir sejak lama seperti Cap Panda, Ovale, dan Ellips dengan konsumen saat ini. 

Ketiga merek ini telah menjadi saksi sejak perjalanan awal Kino, dan tetap menjadi favorit sampai saat ini berkat inovasi yang konsisten.

Inisiatif Keberlanjutan, Ciptakan Kontribusi Positif

Kino Indonesia juga terus memperkuat komitmennya terhadap keberlanjutan serta kesejahteraan masyarakat lewat serangkaian inisiatif berbasis lingkungan dan sosial. 

Dalam peringatan #WorldCleanUpDay, Kino mengadakan aksi bersih-bersih serentak di sekitar pabrik-pabriknya yang berada di Cikembar, Cikande, Sayung, dan Pandaan, bekerja sama dengan pemerintah serta masyarakat setempat sebagai bagian dari upaya menjaga lingkungan dan mendukung pilar ESG. 

Di samping itu, Kino juga secara konsisten mengadakan berbagai kegiatan yang bisa memberi kontribusi langsung terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasional bisnis. 

Kegiatan Kino Peduli Alam bersama masyarakat di Timbulsloko, Demak. (Dok. Kino Indonesia)

Misalnya seperti inisiatif bantuan sosial kegiatan ‘Kino Peduli Posyandu’ dan ‘Kino Peduli Banjir’ yang dilakukan untuk masyarakat di daerah Sayung, Jawa Barat.

Baca Juga: Kino Indonesia Raih Penghargaan Excellence in HR Innovation, Terapkan Sistem Informasi SDM Paling Inovatif

Sejak 2022, Kino telah menyusun roadmap jangka panjang untuk keberlanjutan dengan membentuk komite khusus, bekerja sama dengan organisasi seperti Bumi Journey dan Carbonethics untuk mengurangi jejak karbon. 

Dalam ranah pendidikan, Kino juga berkomitmen untuk memberi kontribusi dalam mencetak generasi unggul lewat program “Guest Lecture” serta kolaborasi dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk membantu mahasiswa lebih siap menghadapi dunia kerja. 

Guest Lecture, program Kino Indonesia untuk memberikan kontribusi dalam mencetak generasi unggul. (Dok. Kino Indonesia)

Kino juga menghadirkan program “Teman Baik Kino” sebagai inisiatif yang mendorong karyawan agar terlibat dalam berbagai aktivitas sukarelawan, demi menciptakan dampak positif untuk lingkungan dan komunitas di sekitar Kino.

Dengan semangat “Innovate Today, Creating Tomorrow”, Kino Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan produk yang menjawab kebutuhan generasi kini dan masa depan, sekaligus menjaga warisan dan nilai-nilai lokal yang menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Nah, itu dia Stylovers rahasia Kino Indonesia menjaga produk dari merek seperti Cap Panda, Ellips, dan Ovale tetap relevan hingga saat ini.

Produk dari Kino Indonesia yang mana nih yang sering kamu gunakan hingga saat ini, Stylovers? (*)

Baca Juga: Mahasiswa Lebih Percaya Diri dengan #RambutTetapMuda, Intip Keseruan Ellips Shine Sister di Universitas Indonesia!