Stylo Indonesia - Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober, dirayakan secara spesial oleh Tokopedia dan ShopTokopedia.
Dalam memeringati Hari Sumpah Pemuda 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mengusung sebuah tema bernama 'Maju Bersama Indonesia Raya'.
Tema tersebut diambil karena sesuai dengan pesan kuat yang ingin disampaikan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia.
Keduanya ingin mengusung pesan kuat mengenai kolaborasi dan menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mengakselerasi pembangunan negara.
Kolaborasi yang dimaksud dalam pesan, tak lain adalah hubungan antara Tokopedia dan ShopTokopedia terhadap para pelaku usaha yang telah terjun ke dalam masing-masing platform.
Sementara itu, semangat gotong royong dibentuk atas visi kedua platform e-commerce yang konsisten atas kontribusinya di perekonomian tanah air.
Dalam menjalankan misinya, Tokopedia dan ShopTokopedia tak lupa untuk mengulurkan tangan dalam membantu para pelaku usaha muda yang ingin memperkenalkan produk mereka ke ranah yang lebih luas.
Secara menyeluruh, brand lokal mendapat perhatian lebih untuk memasarkan produk mereka.
Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beberapa kampanye guna mendukung perkembangan brand lokal.
Baca Juga: Bingung dengan Istilah Teknis Motor? Googirl Translate Siap Menjelaskan dengan Istilah Makeup!
"Guna untuk semakin mendorong kontribusi merek fesyen lokal terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus agar makin menjadi pilihan masyarakat. Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi." ujar Aditia Grasio Nelwan selaku Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce.
Pada kuartal III 2024, kategori barang belanja yang paling laris di Tokopedia dan juga ShopTokopedia adalah Fesyen.
Baru disusul dengan kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Kesehatan, Makanan dan Minuman, serta alat Rumah Tangga di Tokopedia.
Sementara itu, ShopTokopedia mencatat bahwa kategori lanjutan terpopuler adalah Kecantikan dan Perawtan Tubuh, Makanan dan Minuman, Home Supplies, dan Elektronik.
Terkait kategori fesyen, kedua e-commerce setuju bahwa pelaku usaha muda memiliki andil besar dalam peningkatan produk fesyen beberapa bulan terakhir.
Contohnya, terdapat brand fesyen batik Dama Kara yang mengalami peningkatan penjualan 2 kali lipat berkat kampanye Beli Lokal.
Oleh karena itu, Aditia mengutarakan apreasiasinya terhadap anak muda pelaku usaha yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas.
Baca Juga: Cosmetic Day 2024, Talk Show Dari Lokal ke Global: Mendorong Potensi Kosmetik Halal
(*)