Waspada, Tangan Berkeringat Selalu Basah Identik dengan Penyakit Berbahaya, Ketahui di Sini

By Stylo Writer, Senin, 5 Februari 2024 | 13:10 WIB
Apakah Tangan Berkeringat Identik dengan Jantung Lemah? (Freepik.com)

Stylo Indonesia - Telapak tangan yang berkeringat tentu pernah dialami siapa saja dan kapan saja.

Salah satunya ketika merasa gugup, cemas, terlalu bahagia, atau sedang stres, telapak tangan bisa banyak mengeluarkan keringat. Namun, bagi sebagian orang telapak tangan yang berkeringat tidak diketahui penyebabnya. 

Apakah telapak tangan berkeringat berbahaya?

Tak perlu khawatir jika keringat pada telapak tangan dipicu oleh aktivitas fisik atau suhu udara dan tidak terjadi secara berlebihan karena kondisi tersebut merupakan respons alami tubuh untuk mengembalikan suhu normalnya.

Melansir dari rsud.tulungagung.go.id, telapak tangan berkeringat bisa menjadi gejala dari kondisi tertentu, seperti:

1. Kondisi Psikis

Penyebab telapak tangan berkeringat yang pertama adalah karena kondisi psikis, seperti merasa cemas, gugup, takut, dan tertekan.

Kondisi ini dapat menyebabkan sistem saraf bekerja secara berlebihan sehingga turut merangsang kelenjar keringat untuk memproduksi keringat secara berlebihan.

Selain telapak tangan berkeringat, kondisi psikis juga dapat membuat seseorang menjadi sulit berkonsentrasi, sering buang air kecil, dan sakit perut.

2. Gangguan Hiperhidrosis Primer

Hiperhidrosis primer adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh memproduksi keringat secara berlebihan, termasuk keringat pada telapak tangan.

Hiperhidrosis primer bukan dipicu oleh aktivitas fisik atau suhu udara, melainkan karena sistem saraf yang bekerja terlalu aktif dalam merangsang kelenjar keringat untuk memproduksi keringat.