Keindahan 50 Set Koleksi Raya dari Hijab Mandjha Ivan Gunawan Bertajuk Light of Treasure

By Annisa Suminar, Jumat, 26 Januari 2024 | 10:03 WIB
Koleksi Raya bertajuk Light of Treasure dari Hijab Mandjha Ivan Gunawan ditampilkan di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Rabu (24/01) lalu. (Dok Tim Ivan Gunawan)

 

Stylo Indonesia - Pengalaman masa kecil memang menjadi memori menyenangkan yang tak terlupakan seumur hidup.

Begitupun bagi seorang Ivan Gunawan.

Sebagai seorang desainer, Ivan Gunawan tiada hentinya menciptakan karya busana terbaiknya kepada masyarakat.

Melalui jenama Hijab Madjha, Ivan Gunawan mempresentasikan rentetan koleksi modest wear di hadapan para pencinta mode, sahabat dan kerabat serta jurnalis mode yang hadir.

Rangkaian busana ini merupakan Raya Collection 2024 yang diberi Light of Treasure dan diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu (24/01).

Sebanyak 50 koleksi untuk 50 model dipresentasikan di landasan peraga.

Light of Treasure terilham dari pengalaman dan kenangan-kenangan indah masa kecil sang desainer saat berada di Rusia.

“Ini annual show Hijab Mandjha Raya Collection yang ke 7. Terinspirasi dari perjalanan hidupku, yang aku anggap sebagai ‘treasure’. Aku pernah kecil di Rusia, dan aku lihat peradaban agama Islam juga kuat di Rusia. Ada mesjid, matrioska, dan abjad Rusia yang khas. Tulisan Mandjha kali ini menggunakan abjad Rusia.” tutur Ivan Gunawan.

Kultur dan cara berpakaian sebagian wanita Rusia yang modest, menutup kepala dengan kerudung, sangat melekat di dalam ingatan Ivan Gunawan, terutama Babushka (Grandma), dengan kerudung yang rapi menutup kepala.

Baris busana yang ditampilkan ditunjukkan tak hanya untuk Lebaran tetapi juga untuk beragam acara formal hingga kasual.

“Di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, cara kunjung mengunjungi saat berlebaran bermacam-macam, ada naik motor, naik angkutan,  atau berrombongan dalam satu mobil, makanya bahan yang aku pilih di sini yang nyaman untuk dipakai, enggak mudah lecek atau kusut. Harga mulai dari 350 ribu sampai 2,5 juta, harga yang bersahabat. Koleksi Mandjha ini lebih dari sekadar baju muslim untuk berhari raya. Rancangan-rancangan ini nantinya bisa dipakai untuk kesempatan lain. Selain itu, Mandjha juga dibuat untuk beramal dan bersedekah,” Ujar Ivan Gunawan.

Para pencinta mode dibuat takjub dengan koleksi bernuansa gypsy look yang berupa elemen seperti rompi, blus panjang berlengan peasant, rok-rok gathered bertingkat yang mekar cantik, gaun-gaun panjang bertingkat, dan celana-celana palazzo yang elegan.

Lalu lalang model menunjukkan konsistensi Hijab Madjha dalam menghadirkan busana modest yang tertutup, longgar, nyaman dan effortless.

Baca Juga: Ivan Gunawan Pamerkan Koleksi Bertajuk Restoe Boemi di Ajang JF3 2023

Motif wajik atau argyle dari Fabergé Egg yang sangat terkenal dari St. Petersburg diterapkan sebagai motif yang dominan di koleksi Hijab Mandjha kali ini.