Stylo Indonesia - Belanja online terus menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan produk.
Pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 12,79%, mencapai angka 178,94 juta, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 158,65 juta.
Proyeksi menunjukkan bahwa pengguna e-commerce di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023.
Untuk memenuhi tingginya minat masyarakat dalam berbelanja online, Tokopedia menghadirkan dua fitur baru, yakni 'Multiple Product Search' atau 'Cari Sekaligus', dan 'Buy More Save More' atau 'Beli Banyak Lebih Hemat'.
Fitur Baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’
Tokopedia meluncurkan fitur baru ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir.
“Lewat fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus,” jelas Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.
“Alhasil, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” tambah Hefrian. Tokopedia menjadi pionir lahirnya fitur ini di industri e-commerce secara global.
Hefrian menjelaskan, “Fitur ini dibuat saat tim Product menemukan bahwa ada kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, kami bersama tim Designer dan Engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan.”
Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’ sangat mudah.
Baca Juga: Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan Bagikan Kisah Sukses UMKM Berdayakan Difabel, Perempuan dan Petani
Klik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS, lalu ketik salah satu produk yang dicari, dan klik tanda di ujung kanan.
Setelah itu, pembeli bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan. Klik ‘Cari’ dan Tokopedia akan merekomendasi pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus.
Fitur ini terbukti memberikan dampak positif bagi pengguna Tokopedia, termasuk pembeli.
Contohnya Leona Agustine, seorang content creator sekaligus pengguna Tokopedia berstatus ‘Diamond’ (tingkatan tertinggi keanggotaan pembeli di Tokopedia), “Lewat fitur ini, saya merasa lebih mudah mencari berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus mencari di toko yang berbeda. Saya juga bisa menghemat waktu yang biasa dihabiskan untuk mencari produk dan juga bisa lebih hemat dari segi ongkir karena berbagai kebutuhan yang dicari bisa dibeli dari satu toko saja.”
Fitur ‘Buy More Save More’
Tokopedia juga meluncurkan fitur baru ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih terjangkau (affordable).
“Masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual. Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya” jelas Helena.
Fitur yang bisa membuat belanja online lebih terjangkau (affordable) ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan.
“Dalam proses pembuatannya, Tim Product dan Research and Development Tokopedia menemukan ada kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk.
Bersama tim Engineering, tim Product dan Research and Development Tokopedia, membangun fitur yang relevan, yang juga bisa memperkaya benefit bagi pembeli,” ujar Helena.
Baca Juga: Hari Pelanggan Nasional, Inovasi Customer Care Tokopedia Tingkatkan Pengalaman Pelanggan
Untuk menggunakan fitur ini, cukup masuk ke halaman toko penjual yang mengadakan promosi ini, lalu scroll untuk cari dan masuk ke section ‘Buy More Save More’ di halaman utama toko.
Setelah itu, pilih produk yang dibutuhkan. Makin banyak produk yang dipilih, maka makin besar diskon yang bisa didapatkan oleh pembeli.
Leona juga telah menggunakan fitur ‘Buy More Save More’ dan merasakan banyak manfaat. “Karena ada fitur ini, saya merasakan manfaat lebih. Belanja kebutuhan sehari-hari bisa lebih terjangkau karena makin banyak produk yang dibeli makin besar pula diskon yang diperoleh. Lewat fitur ini, saya juga bisa memilih produk apa saja yang ingin dibeli dengan mudah di section Buy More Save More pada halaman toko penjual favorit saya,” kata Leona.
WAR Diskon Tokopedia: Belanja Online Lebih Murah
Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia juga menghadirkan kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah.
Melalui kampanye ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.
“WAR Diskon Tokopedia disambut sangat baik oleh masyarakat. Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” ungkap Helena.
Leona menambahkan, “Saya sangat tertarik akan produk yang ada di WAR Diskon Tokopedia, bahkan saya memasang notifikasi agar bisa ikut tepat waktu. Saya sangat rajin mengikuti kampanye ini setiap pukul 14.00 WIB.”
Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, ada juga festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dan Kejar Diskon yang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.
“Tokopedia di sisi lain akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan kampanye agar masyarakat bisa belanja online lebih terjangkau (affordable) demi mendukung animo masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya secara online,” tutup Helena. (*)
#SemuaBisaCantik