Asta Karya Nusa, Apresiasi Kemenperin dan Dekranas Terhadap Kriya dan Wastra Nusantara

By Novita Ibnati Awalia, Rabu, 18 Oktober 2023 | 13:40 WIB
Asta Karya Nusantara (Dokumentasi Kemenperin)

Stylo Indonesia - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) telah bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dalam upaya terus mendorong promosi dan meningkatkan kesadaran akan potensi kriya dan wastra Nusantara.

Salah satu langkah konkret adalah penyelenggaraan Pameran Asta Karya Nusa yang resmi dibuka pada tanggal 17 Oktober 2023 di Jakarta.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan menghasilkan berbagai produk warisan budaya, termasuk kriya dan wastra, yang mengusung beragam nilai filosofi.

Kriya dan wastra mencerminkan keahlian tangan, rasa estetika, imajinasi, tradisi, serta kreativitas masyarakat Indonesia, dan memegang peranan penting dalam menjaga koneksi dengan akar budaya lokal, terutama dalam dunia yang terus berkembang seiring perubahan ilmu dan teknologi.

Tri Tito Karnavian, Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional, dalam sambutannya, menekankan pentingnya melestarikan dan menghargai kriya dan wastra.

Ia juga mengungkapkan dukungan kepada para perajin yang telah berkontribusi untuk menciptakan karya seni yang indah.

Salah satu bentuk dukungan adalah melalui pameran produk unggulan kriya dan wastra Nusantara.

Pameran Asta Karya Nusa merupakan upaya bersama antara Dekranas dan Kementerian Perindustrian sebagai salah satu cara untuk memajukan kreativitas, keahlian, dan budaya di bidang kriya dan wastra.

Tema pameran ini adalah "Kriya Unggul, Indonesia Maju," dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing produk-produk kriya dan wastra Nusantara.

Pameran ini menjadi wadah bagi perajin kriya dan wastra untuk memamerkan karya-karya berkualitas tinggi dan membangun jaringan serta kolaborasi dengan sesama perajin.

Baca Juga: 3 Brand Skincare Lokal Favorit Netizen Akan Hadir Meramaikan Cosmetic Day 2023!