Menuju Cosmetic Day 2023, Perkembangan Brand Kosmetik Lokal Indonesia yang Semakin Berinovasi

By Grace Kencana Pranata, Selasa, 10 Oktober 2023 | 12:15 WIB
Menuju Cosmetic Day 2023, Perkembangan Brand Kosmetik Lokal Indonesia yang Semakin Berinovasi (Grace Kencana Pranata/ dok. Stylo.id)

Stylo Indonesia - Dunia kecantikan saat ini semakin berkembang seiring kemajuan teknologi.

Yap, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya variasi merek dan jenis produk kecantikan yang diperjualbelikan di pasaran.

Beberapa tahun ke belakang, brand lokal Indonesia semakin berkualitas dan mampu bersaing dengan produk kecantikan dari luar negeri.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk peningkatan kesadaran konsumen tentang produk lokal, peningkatan kualitas produk, dan dukungan pemerintah untuk industri kecantikan dalam negeri.

Lalu, ada apa saja perkembangan brand kosmetik lokal Indonesia saat ini?

Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

Konsumen yang semakin melirik produk lokal

Adanya kecenderungan melirik produk lokal di kalangan konsumen Indonesia karena menyadari pentingnya produk kecantikan lokal dan mulai lebih mendukung merek-merek dalam negeri.

Mereka lebih cenderung memilih produk yang dibuat di Indonesia dan yang menggunakan bahan-bahan alami lokal.

Produk yang semakin berinovasi

Indikasi berkembangnya brand kecantikan lokal Indonesia yaitu dengan adanya inovasi terbaru yang bisa dirasakan oleh pelanggan.

Mereka mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia, seperti produk perawatan kulit yang cocok dengan iklim tropis, serta produk yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Tren Kecantikan 2024 Berbasis AI yang Mempermudah Pelanggan Belanja

Adanya dukungan Pemerintah

Pemerintah Indonesia telah memberikan dukungan bagi industri kecantikan lokal dengan memberikan insentif pajak dan fasilitas lainnya kepada produsen lokal.

Hal ini mendorong pertumbuhan industri kecantikan dalam negeri.

Ekspansi global

Beberapa brand kecantikan lokal Indonesia juga telah mulai mengambil langkah-langkah untuk ekspansi ke pasar internasional.

Ini termasuk penjualan produk mereka secara online ke pasar luar negeri.

Peningkatan kualitas

Semakin banyak merek kecantikan lokal yang fokus pada peningkatan kualitas produk mereka dan memastikan bahwa mereka mematuhi standar keamanan dan regulasi yang berlaku.

Kualitas semakin meningkat juga diikuti brand yang makin terbuka menerima kritik dan saran dari masyarakat.

Penjualan online

Berbicara dengan perkembangan brand kecantikan lokal, tentu ada hubungannya dengan penjualan.

Yap, tak dapat dipungkiri, penjualan yang meningkat, kemudahan konsumen membeli barang, dan tersebarnya produk ke seluruh Indonesia menjadi bukti dari perkembangan brand kecantikan lokal.

E-commerce dan marketplace telah menjadi platform utama bagi brand kecantikan lokal untuk menjual produk mereka.

Ini memberi mereka akses ke pasar yang lebih luas dan membantu dalam memperluas jangkauan mereka.

Adanya perkembangan dari brand kecantikan lokal ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat dan juga produsen.

Baca Juga: Ketiak Putih Mulus dan Sedap Dipandang, Ini Pilihan Treatment di Salon

 

Dengan adanya dukungan dari konsumen yang semakin sadar akan produk lokal dan inovasi yang terus-menerus, diharapkan brand kecantikan lokal Indonesia akan terus bersaing dengan merek internasional di pasar kecantikan.

Kementerian Perindustrian bersama Stylo Indonesia, selaku media digital Fashion dan Beauty Indonesia, menggelar Cosmetic Day 2023 yang akan berlangsung dari 24-26 November 2023.

Acara Cosmetic Day 2023 oleh Kemenperin dan Stylo Indonesia hadir dengan rangkaian Beauty Talkshow, Make Up Competition yang bisa diikuti oleh Make Up Artist pemula, dan pameran IKM (Industri Kecil Menengah) yang sudah dikurasi oleh Kemenperin.

Buat Stylovers yang ingin tahu info selengkapnya mengenai acara Cosmetic Day 2023 oleh Kemenperin dan Stylo Indonesia, kamu bisa langsung cek instagram @cosmeticday2023 @stylo.indonesia. (*)