Srikandi untuk Negeri, Atiqotul Musyarrofah Hadapi Peluang dan Tantangan Berbisnis Seblak Militan di Bidang Kuliner

By Livia, Jumat, 18 Agustus 2023 | 17:20 WIB
Srikandi untuk Negeri, Atiqotul Musyarrofah Hadapi Peluang dan Tantangan Berbisnis Seblak Militan di Bidang Kuliner (dok.pribadi)

Stylo Indonesia - Halo, Stylovers! Stylo kembali membagikan cerita sosok inspiratif Srikandi untuk Negeri yang bisa menjadi inspirasi kita semua.

Cerita sosok inspiratif Srikandi untuk Negeri kali ini datang dari Atiqotul Musyarrofah menghadapi peluang dan tantangan berbisnis Seblak Militan di bidang kuliner.

Ada banyak hal yang bisa menjadi inspirasi Stylovers dari perjalanan perempuan cantik yang akrab dipanggil Atika ini dalam membangun bisnisnya di bidang kuliner. 

Pastinya Stylovers sudah penasaran dengan kisah lengkap sosok inspiratif Srikandi untuk Negeri, bagaimana Atika menghadapi peluang dan tantangan berbisnis Seblak Militan di bidang kuliner, bukan?

Yuk, langsung simak kisah Srikandi untuk Negeri, Atiqotul Musyarrofah menghadapi peluang dan tantangan berbisnis Seblak Militan di bidang kuliner yang telah dirangkum Stylo Indonesia.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Rr. Ayu Maulida Puteri Indonesia 2020 yang Peduli Dunia Sosial Lewat Gerakan Senyum Desa

Awal Mula Memilih Berbisnis di Bidang Kuliner 

Memiliki hobi memasak membawa Atika menjadi seorang pengusaha di bidang kuliner.

Diceritakan Atika, semua berawal dari sebuah pertemuan dengan seorang teman yang mengenalkannya pada jajanan viral, yaitu seblak.

Setelah mencobanya, ia pun mencoba mengkreasikan seblak dengan makanan favoritnya, yaitu suki makanan khas Jepang.

Dari situlah muncul ide Atika berbisnis seblak yang dicampur suki dengan rasa yang diciptakannya sendiri.

"Setelah rasa seblak yang aku ciptakan diterima oleh banyak orang, aku mulai berjualan Seblak Juara di pinggiran jalan pada tahun 2018," ujar Atika.

Setelah memiliki banyak konsumen dan pelanggan, Atika pun mulai membesarkan bisnisnya.

"Karena targetku adalah Gen Z, aku rebranding bisnisku dari Seblak Juara menjadi Seblak Militan dan mencari tempat lebih proper agar para konsumen dan pelanggan bisa langsung makan di tempat dan merasa lebih nyaman mereview produk," tuturnya.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Fathimah Himmatina Berhasil Jalankan Budidaya Belatung Maggot Lewat Bisnis Magobox

Dari kiri ke kanan: Tim Seblak Militan, salah satu varian makanan Seblak Militan. (dok.pribadi)

Peluang dan Tantangan Berbisnis Seblak Militan dengan Para Pesaing di Bidang Kuliner

Merupakan jajan viral di tahun 2018 tepat ia mengawali usahanya, hal itu menjadi peluang bagi Atika mengembangkan bisnisnya.

Memiliki konsumen dan pelanggan yang terus bertambah dan mendapatkan review yang baik dari makanan yang dijualnya menjadi salah satu momen bahagia Atika menjadi seorang pengusaha.

Ditambah dukungan penuh dari sang suami dan konsumen yang loyal datang setiap ke acara pembukaan cabang baru Seblak Militan, membuat Atika semakin semangat menjalani bisnisnya.

Tak hanya peluang, ia pun harus menghadapi banyak tantangan dalam membesarkan bisnisnya.

"Tantangannya mulai dari melatih karyawan agar dapat bekerja sesuai SOP dengan baik, memberi pemahaman pada konsumen bahwa untuk menyajikan seblak dibutuhkan waktu dan mempertahankan rasa makanan yang dijual sesuai selera konsumen," ungkapnya.

Setiap orang punya kunci sukses dalam membangun dan mempertahankan bisnisnya, begitu pula dengan Atika.

"Kunci sukses saya dalam membangun bisnis Seblak Militan, yaitu mempertahankan rasa yang disukai banyak konsumen dan digital marketing yang kuat," jelasnya.

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Shandy Purnamasari dari Keluarga Pedagang Kini Sukses Jadi Womenpreneur Membangun Bisnis Skincare

Tips Sukses Berbisnis di Bidang Kuliner

Perempuan cantik asal Sidoarjo ini pun tak lupa membagikan tips sukses berbisnis di bidang kuliner.

"Pertama, percaya dirilah jika sudah menemukan formula yang tepat untuk membangun bisnismu. Kedua, evaluasi dan konsisten mempertahankan kualitas produk yang disukai banyak konsumen. Terakhir, up to date dengan bidang bisnis yang dijalani," tuturnya.

Bagi Stylovers yang masih pemula ingin berbisnis di bidang kuliner atau berbeda, Atika juga punya tipsnya untuk kamu nih!

"Untuk para pemula, coba saja dulu dengan modal usaha seminim mungkin, karena perusahaan atau bisnis yang besar selalu dimulai dari langkah kecil. Selanjutnya, uji coba produk kepada orang yang tidak dikenal agar hasilnya objektif. Evaluasi 3 bulan pertama hasil usaha dan secara berkala agar mengetahui apakah bisnis layak dilanjutkan atau tidak," ujar Atika sekaligus mengakhiri wawancara dengan Livi Stylo.(*)

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Suzanne Elizabeth Subijanto Buat Perempuan Indonesia Lebih Percaya Diri dengan Fashion Big Size