Srikandi untuk Negeri, Fathimah Himmatina Berhasil Jalankan Budidaya Belatung Maggot Lewat Bisnis Magobox

By Stylo Writer, Kamis, 10 Agustus 2023 | 00:49 WIB
Srikandi untuk Negeri, Fathimah Himmatina Berhasil Jalankan Budidaya Belatung Maggot Lewat Bisnis Magobox (Fathimah Himmatina)

Stylo Indonesia - Halo Stylovers! Kali ini Stylo Indonesia akan kembali membahas kisah wanita inspiratif dalam kanal Srikandi untuk Negeri.

Yap, kali ini Srikandi untuk Negeri akan membahas cerita dari Fathimah Himmatina yang memiliki bisnis budidaya maggot dengan nama Magobox.

Buat Stylovers yang belum tahu, maggot sendiri merupakan ulat atau belatung yang mampu mengolah sampah mejadi hal-hal yang bernilai, salah satunya pupuk. 

Penasaran dengan ceritanya? Yuk simak sampai habis!

Ide melakukan budidaya maggot sebenarnya datang dari sang suami yang berprofesi sebagai seorang guru, yang saat itu tengah memiliki project lingkungan untuk budidaya maggot pada Agustus 2020. 

"Dia (suami) tertarik banget sama fungsinya si maggot ini untuk pengolahan sampah jadi nilai-nilai lain seperti pupuk dan pakan ternak," ujarnya. 

Awalnya ia menolak karena merasa tidak nyaman dengan bentuk dari maggot, namun lama-lama akhirnya mencoba untuk beradaptasi dengan melakukan budidaya yang awalnya dilakukan hanya dengan menggunakan baskom sederhana.

Srikandi untuk Negeri, Fathimah Himmatina Berhasil Jalankan Budidaya Belatung Maggot Lewat Bisnis Magobox (Fathimah Himmatina)

Selama 7 bulan ia mempelajari maggot, ada banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari maggot yang tiba-tiba hilang atau kabur, hingga memunculkan aroma tidak sedap.

Akhirnya, dari yang semula berawal dari baskom sederhana, mulai membuat tempat khusus untuk budidaya yang lebih efektif dilakukan di rumah, terciptalah nama Magobox. 

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Shandy Purnamasari dari Keluarga Pedagang Kini Sukses Jadi Womenpreneur Membangun Bisnis Skincare