SayaPilihBumi Gelar Circular City Clean, Sampah Plastik Jadi yang Terbanyak di CFD Jakarta

By Cerysa Nur Insani, Senin, 10 Juli 2023 | 15:15 WIB
SayaPilihBumi Gelar Circular City Clean, Sampah Plastik Jadi yang Terbanyak di CFD Jakarta (Utomo Priyambodo)

Stylo Indonesia - SayaPilihBumi telah menggelar Circular City Clean di Car Free Day (CFD) Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, pada Minggu pagi, 9 Juli 2023.

Acara ini diikuti oleh sekitar 80 relawan yang merupakan peserta perseorangan maupun komunitas.

Di antaranya komunitas yang mengikuti program Circular City Clean adalah Trashbag Community, Operasi Semut, dan Jakarta Osoji Club.

Mereka memunguti sampah di jalanan CFD Jakarta sambil mengampanyekan pentingnya perilaku menjaga kebersihan lingkungan.

Setelah 2 jam dengan rute bolak-balik dari depan Taman Sumenep ke Sarinah melewati Bundaran HI dengan jarak total sekitar tiga kilometer, terkumpul sampah seberat 22 kilogram.

Jika dirata-ratakan, ada sekitar 7,33 kilogram sampah per kilometer jalan yang ditemukan sepanjang rute depan Taman Sumenep-Sarinah jalur CFD Jakarta lewat kegiatan Circular City Clean ini.

Sampah yang terkumpul kemudian dipilah berdasarkan jenisnya dan terungkap bahwa jenis sampah plastik merupakan yang terbanyak ditemukan di jalur CFD Jakarta ini.

Total berat sampah plastik yang terkumpul adalah 11 kilogram atau 50 persen dari total sampah yang dikumpulkan, dengan jenis plastik mika, plastik transparan, plastik campur, hingga botol plastik.

Jenis sampah lainnya yang terkumpul adalah sampah kertas (2 kilogram), sampah organik (2 kilogram), sampah tisu (1 kilogram), dan sampah gabus sintetis (1 kilogram).

Ada pula sampah campuran seberat 5 kilogram yang mencakup sampah puntung rokok dan lain-lain.

Baca Juga: Program National Geographic Indonesia SayaPilihBumi Luncurkan CircularCityProject Sebagai Solusi Pengurangan Sampah