Psoriasis Berdampak Pada Kesehatan Mental, Psikolog: Bukan Akhir dari Segalanya!

By Cerysa Nur Insani, Senin, 19 Juni 2023 | 09:50 WIB
Psoriasis Berdampak Pada Kesehatan Mental, Psikolog: Bukan Akhir dari Segalanya! (Freepik)

Stylo Indonesia - Stylovers, apakah kamu sudah pernah mendengar soal psoriasis?

Psoriasis adalah kondisi peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal hingga perih serta melepuh.

Berdasarkan data pada tahun 2022 yang dirilis oleh Global Psoriasis Atlas, salah satu badan riset mengenai epidemiologi psoriasis, prevalensi psoriasis di Indonesia mencapai 797.380 orang.

Meski begitu, masih terdapat beberapa stigma terkait psoriasis, di antaranya ditakutkan sebagai penyakit yang menular hingga mengganggu kondisi mental penyintasnya.

Untuk mendorong pemahaman yang lebih baik tentang psoriasis di kalangan masyarakat, ERHA Skinsitive sebagai salah satu brand dari ERHA Skincare yang dikhususkan untuk kulit sensitif menyelenggarakan Diskusi Nyaman: Pahami Psoriasis Bersama ERHA Skinsitive dan Psoriasis Indonesia.

Kegiatan Diskusi Nyaman: Pahami Psoriasis Bersama ERHA Skinsitive dan Psoriasis Indonesia. (Dok. ERHA Skincare)

Kegiatan ini diadakan pads Sabtu (19/6) dan mengundang komunitas Psoriasis Indonesia beserta sejumlah narasumber yang relevan.

Salah satunya adalah dr. Grace NS Wardhana, SpKK, FINSDV, FAADV, ERHA Dermatologist yang menjelaskan soal gejala, tipe-tipe psoriasis, hingga penanganannya.

Ia menekankan beberapa fakta penting yang perlu diingat mengenai psoriasis, di antaranya adalah psoriasis paling banyak dipengaruhi oleh faktor genetik, tidak menular, dan keberadaan support system sangat penting bagi penyintasnya.

Ahli dermatologi ini juga menyampaikan bahwa diagnosis yang tepat, penerimaan diri, dan mengenal diri untuk memahami faktor apa yang bisa memicu flare up pada psoriasis juga penting.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ayoe Sutomo sebagai Psikolog Anak, Remaja, Keluarga yang membahas dampak psorasis terhadap kesehatan mental.

Baca Juga: Penyebab Munculnya Psoriasis dan Dampak yang Bisa Terjadi Menurut Ahli