Stylo Indonesia - Momen Ramadan hingga Lebaran 2023 menjadi momen yang telah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha lokal terutama UMKM lokal untuk meningkatkan penjualan mereka.
Sebab, Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan bahwa momen Ramadan hingga Lebaran menjadi momen aktivitas belanja tertinggi masyarakat Indonesia dalam setahun.
Ia juga membocorkan sejumlah kategori produk yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023 lalu.
Di antaranya adalah Perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen.
Produk Terlaris Ramadan Hingga Lebaran 2023 di Tokopedia
“Beras, mie instan dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di Tokopedia NOW! sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023,” jelas Ekhel.
Tokopedia NOW! adalah layanan yang mempermudah masyarakat untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir.
Sedangkan di kategori Fesyen, data Tokopedia menunjukkan bahwa kaus, sepatu, serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadan hingga Lebaran tahun ini.
“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu, dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” papar Ekhel.
Mengantisipasi pengiriman parsel yang meningkat jelas Lebaran, Tokopedia berkolaborasi dengan lebih dari 14 mitra logistik terhubung untuk mengupayakan kelancarannya.
Tokopedia juga mempermudah masyarakat yang akan mudik dengan menyediakan pilihan tiket transportasi umum, termasuk pesawat.
Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama para pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY.
“Jam ngabuburit merupakan waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan Tokopedia PLAY,” tambah Ekhel.
Tokopedia bersama lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi juga mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, termasuk berzakat, secara online dan telah mengumpulkan lebih dari Rp5M zakat selama Ramadan hingga Lebaran 2023.
Kampanye Tokopedia Selama Ramadan Hingga Lebaran 2023
Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk #LengkapiRamadan bagi para pelaku usaha agar mereka bisa memaksimalkan penjualan.
Salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekar.
Inisiatif ini hadir dalam berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) serta Dilayani Tokopedia.
Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki.
Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian selama Ramadan lalu adalah Universa Sajadah.
Baca Juga: Tren Baju Lebaran Paling Diburu dan Ide Hampers Lebaran 2023 dari Tokopedia
Selain itu, ada juga kampanye Tokopedia NYAM! yang secara khusus menggandeng pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan produk makanan dan minuman.
Bruule merupakan salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam kampanye ini dan mencatat berbagai manfaat, khususnya saat Ramadan hingga Lebaran 2023.
UMKM Universa Sajadah Raup Ratusan Juta Lewat Jualan Perlengkapan Ibadah
Berawal dari keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat menjadi pekerja kantoran dan sebagai upaya untuk mendalami ilmu agama, Renato Akbar mendirikan Universa Sajadah pada 2014.
Hingga kini, Universa Sajadah menawarkan berbagai koleksi perlengkapan ibadah, dengan produk unggulan berupa sajadah bermotif polos.
“Nama Universa Sajadah diambil dari kata universe, dengan harapan Universa Sajadah dapat menjadi brand perlengkapan ibadah yang bisa dijangkau oleh masyarakat muslim dari semua latar belakang di seluruh Indonesia,” jelas Akbar
Universa Sajadah telah bergabung di Tokopedia sejak awal berdiri.
“Kini hampir 50% penjualan Universa Sajadah berasal dari Tokopedia. Angka ini mendominasi jika dibandingkan dengan platform penjualan lainnya,” kata Akbar.
Akbar memberdayakan sejumlah penjahit lokal di Depok, Jawa Barat untuk memproduksi sajadah, sarung, hingga mukena.
“Ramadan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan. Kami bisa meraup omzet ratusan juta setiap Ramadan lewat Tokopedia,” jelas Akbar.
“Selain itu, berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style tahun ini, penjualan kami naik lebih dari 5x lipat dibandingkan bulan biasanya,” tambahnya
Baca Juga: Inspirasi Takjil Simple dan Menyehatkan, Jadi Favorit di Tokopedia!
Bruule, Upaya Selamatkan Bisnis yang Tumbang Saat Pandemi
Berbekal resep turun-temurun warisan keluarga, pasangan suami-istri Reza Harisky dan Sarila Danubrata serta rekannya Chaka Ramadhan mendirikan Bruule pada Maret 2020.
Kehadiran Bruule merupakan upaya Sarila bersama rekan-rekannya untuk bertahan hidup karena bisnis perhotelan yang dimiliki Reza tumbang akibat pandemi.
Kondisi ekonomi pada saat pandemi tersebut membuat Bruule menjadi bisnis yang awalnya didirikan dengan modal terbatas dan hanya menerima pesanan dengan sistem pre-order.
“Oven pertama Bruule bahkan dibeli pakai metode cicilan lewat Tokopedia,” ungkap Sarila.
Melalui Bruule, Sarila dan rekan merasa usaha mereka juga membawa dampak positif bagi perekonomian warga sekitar, termasuk para supplier, pengemudi ojek online, dan lain-lain.
Berkat Bruule, para pekerja yang sebelumnya terpaksa di-PHK dari bisnis hotel Reza pun bisa dipekerjakan kembali.
Sarila merasa, wawasan yang diberikan oleh Tokopedia sangat membantunya dalam menentukan arah mengembangkan Bruule.
“Misalnya, berkat wawasan yang didapat dari dashboard di aplikasi Tokopedia Seller, Bruule melihat transaksi kartu ucapan di toko kami sebanding dengan penjualan produk lainnya Bruule. Hal ini mendorong kami untuk berinovasi menghadirkan hampers Bruule dan akhirnya menjadi produk terlaris kami hingga sekarang,” ujar Sarila.
Bruule juga rutin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Tokopedia NYAM!.
Berkat kampanye yang diikuti, berbagai cabang toko online Bruule di Tokopedia yang tersebar di Jakarta dan Bandung mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya. (*)