Dukung Produk Lokal, Tokopedia Gaungkan Kampanye Ramadan In Style Hadirkan Koleksi Fashion Muslim Menyambut Hari Raya!

By Astria Putri Nurmaya, Minggu, 2 April 2023 | 16:12 WIB
Dukung Produk Lokal, Tokopedia Gaungkan Kampanye Ramadan In Style Hadirkan Koleksi Fashion Muslim Menyambut Hari Raya! (Tokopedia)

Stylo Indonesia - Jumlah konsumsi pakaian dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), selama kuartal berlangsungnya Ramadan terus melonjak tajam, Stylovers.

Berangkat dari hal tersebut, Tokopedia mengaitkan acara Bukber hingga Lebaran menjadi salah satu yang mendorong masyarakat lebih banyak belanja pakaian.

Hal tersebut semakin didukung oleh data dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) yang mengungkapkan bahwa, permintaan terhadap industri tekstil meningkat 30 persen pada Ramadan 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Inilah yang mendorong Tokopedia hadirkan kampanye “Ramadan In Style” dengan menyajikan berbagai koleksi busana muslim terbaru.

Bersamaan dengan hal tersebut Tokopedia menggelar Media Briefing Ramadhan In Style 2023 pada, Jumat (31/03/23) yang berlokasi di Tokopedia Tower.

“Di Tokopedia, selama Ramadan 2022, Fesyen (termasuk Fesyen Muslim) menjadi salah satu kategori produk yang paling banyak dicari dan memiliki jumlah transaksi tertinggi,” ujar Aldhy Darmayo selaku Category Development Senior Lead Tokopedia.

Menurut Aldhy, berdasarkan tren belanja awal Ramadan 2023, produk fashion muslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia, Stylovers.

Beberapa di antaranya yang mengalami kenaikan adalah blus muslim meningkat 2x lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5x lipat, baju koko 3,5x lipat dan baju muslim keluarga 4x lipat.

“Kami melihat adanya peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion muslim selama awal Ramadan 2023 di Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat,” papar Aldhy.

Tentu saja, hal baik ini pun didukung penuh oleh Reni Yanita selaku Direktur Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI.

Baca Juga: Tokopedia Bersama Kemenves RI/BKPM Bantu Pelaku UMKM Miliki NIB di Hari Perempuan Sedunia 2023

“Kementerian Perindustrian melalui Direktur Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka, terus berupaya mengembangkan industri nasional yang termasuk di dalamnya pelaku industri fashion muslim khususnya yang masih skala UKM,” ungkap Reni Yanita selaku Direktur Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI.

Reni Yanita selaku Direktur Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian RI. (Astria Putri Nurmaya)

Reni menjabarkan bahwa ada berbagai program seperti peningkatan kompetensi SDM, Pengembangan kualitas produk, standarisasi, fasilitasi mesin dan peralatan serta promosi dan pameran.

Seluruh program tersebut nantinya akan diberikan kepada pelaku UKM yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produk.

Demi mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat akan produk fashion khususnya fashion muslim, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis termasuk pelaku usaha lokal fashion muslim dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 18 April 2023.

Nah, seperti apa sih kampanye Ramadan in Style dari Tokopedia ini, Stylovers?

Melalui Tokopedia Ramadan in Style, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk baju muslim lokal dengan lebih efisien karena ada diskon hingga 99 persen, flash sale mulai dari Rp1.000 dan cashback sampai Rp300 ribu.

Tokopedia Ramadan in Style juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat berdonasi paket makanan untuk duafa, anak yatim dan piatu.

Sementara itu, Ramadan in Style 2023 juga menjadi panggung bagi pelaku usaha lokal fashion muslim perempuan maupun laki-laki untuk memaksimalkan penjualan di Ramadhan.

Beberapa brand lokal yang ikut tergabung dalam kampanye Ramadan in Style adalah Ria Miranda, Fatih Indonesia, ZM Zaskia Mecca dan masih banyak lagi.

Tokopedia Ramadan In Style bersama para founder brand lokal ZM Zaskia Mecca, Fatih Indonesia, Ria Miranda. (Tokopedia)

Pada Tokopedia Ramadan in Style 2023, Ria Miranda meluncurkan koleksi eksklusif ‘Sangsata’ yang menghadirkan motif songket berbalut ornamen bunga yang modern.

Koleksi eksklusif Sangsata dari Ria Miranda tersebut terdiri dari dress, tunik, mukena, atasan, scarf dan koleksi keluarga, koleksi ini bisa Stylovers dapatkan hanya melalui Tokopedia.

Kemudian Fatih Indonesia juga akan menghadirkan koleksi koko eksklusif bertajuk ‘Harmonia’ dengan warna bumi (earth tone) dan mengambil motif batik dari Tasikmalaya.

Baca Juga: Tren Belanja Awal 2023, Kanal Live Stream dan Affiliate Bikin Belanja di Tokopedia Makin Seru

Koleksi Harmonia dari Fatih Indonesia akan diluncurkan pada 3 April 2023 hanya melalui Tokopedia.

Tak ketinggalan Muhammad Haykal Kamil sebagai CEO dan Founder ZM Zaskia Mecca menyebut akan turut meluncurkan koleksi ‘Romansa Khatulistiwa’ edisi Melati.

“Warna putih bunga melati menggambarkan kesucian yang selaras dengan Ramadhan. Koleksi ini akan tersedia secara eksklusif di Tokopedia mulai 3 April 2023, dan terdiri dari blus, dress, tunik dan scarf,” jelas Haykal.

Nah, kira-kira Stylovers tertarik check out koleksi fashion muslim yang mana nih dari brand lokal yang tergabung dalam Tokopedia Ramadan In Style 2023 kali ini? (*)