Jagantara 2.0 Suguhkan Atraksi Kesenian Tradisional hingga Mancanegara, Ajak Anak Muda Lestarikan Budaya!

By Layla Ekrep, Senin, 13 Maret 2023 | 16:30 WIB
Jagantara 2.0 (WBI Foundation)

Stylo Indonesia - Perhelatan Jagantara 2.0 sukses digelar pada Kamis (9/3/23) yang berlokasi di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat.

Jagantara 2.0 diinisiasi oleh Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation yang sejak didirikan pada 24 November 2021 telah banyak melakukan kegiatan guna berkontribusi pada kemajuan budaya nasional.

Sejak tahun lalu, WBI Foundation telah menggagas Jagantara yang merupakan singkatan dari Jaga Warisan Nusantara sebagai wujud kepedulian terhadap kekayaan budaya Indonesia.

Tahun ini Jagantara digelar dengan tajuk Jagantara 2.0, ditujukan untuk menjadi ruang bagi banyak orang untuk memiliki kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia, 

Dalam acara Jagantara 2.0, WBI kembali mengangkat berbagai kesenian tradisional, salah satunya adalah kesenian tradisional dari Jawa Timur, Reog Ponorogo, yang hingga saat ini masih menjadi tradisi masyarakat Ponorogo, Jawa Timur.

Tarian tradisional yang biasanya ditarikan di arena terbuka ini, selain menampilkan atraksi yang spektakuler dan menghibur sesungguhnya juga mengandung unsur magis, seperti beberapa tarian tradisional Indonesia.

Jagantara 2.0 (WBI Foundation)

Di samping itu, sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi dengan negara-negara lain, Jagantara 2.0 menghadirkan atraksi budaya mancanegara.

Salah satunya adalah Japan Benten Taiko yang merupakan perwujudan kolaborasi pencinta budaya yang komunitasnya adalah orang-orang Jepang dan orang-orang Indonesia.

Mereka memainkan atraksi Taiko (Waidako), instrumen perkusi dari Jepang dengan berbagai ukuran yang menciptakan harmonisasi yang indah.

Baca Juga: Gelar Community Gathering Muda Jagantara, Stylo Indonesia dan CewekBanget.ID Bersama WBI Foundation Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Nusantara Lewat Fashion, Beauty, dan Lifestyle