Stylo Indonesia - Belanja online kini telah menjadi pola kebiasaan baru bagi masyarakat meski masa PPKM telah usai.
Tak sekadar berbelanja, kini masyarakat juga mencari inspirasi atau hiburan sambil berbelanja di aplikasi e-commerce.
Untuk itu, Tokopedia menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce ini lewat kanal streaming video Tokopedia Play.
“Kesehatan, Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia PLAY di awal tahun 2023. Salah satu pembelian tercepat terjadi dalam waktu 2 detik untuk produk sendok dan garpu,” kata Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia.
Aplikasi belanja online juga bisa menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin memiliki penghasilan tambahan.
Seperti program Tokopedia Affiliate yang mempermudah siapa saja untuk bisa mendapatkan komisi dengan cara merekomendasikan produk atau toko dari Tokopedia melalui media sosial.
Selain bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, program ini juga pastinya menguntungkan bagi para pegiat usaha yang produknya dipromosikan.
“Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate pada Januari 2023 naik hampir 6 kali lipat dibandingkan dengan akhir bulan pertama Tokopedia Affiliate diluncurkan. Kategori produk yang paling banyak direkomendasikan lewat Tokopedia Affiliate, yaitu Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, Kesehatan serta Olahraga dan Hobi,” tutup Ekhel.
Di awal 2023 ini, Tokopedia juga telah mencatat beberapa kategori yang produknya paling laris di Tokopedia.
“Di awal 2023, Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia,” jelas Ekhel.
Baca Juga: Sunscreen Laris Manis, Ini Tren Belanja Online Awal Tahun di Tokopedia!
Ada beberapa produk yang paling banyak dicari khususnya pada kategori fashion dan kecantikan nih, Stylovers.
“Sandal, tas selempang, dan blus menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia di subkategori Fesyen Wanita. Sementara produk Fesyen Pria terlaris adalah kaos, kemeja, dan kaos kaki,” ungkap Ekhel.
Untuk mengakomodasi tingginya animo masyarakat terhadap berbagai kategori produk tersebut, Tokopedia terus menggelar kampanye seperti Women in Style, Tokopedia Beauty, Tokopedia NYAM!, Tokopedia Parents, dan Home Living SALEbrations.
Sejumlah kampanye ini juga telah terbukti berperan dalam menciptakan tren perilaku konsumen di Tokopedia.
“Selain mengadakan berbagai kampanye, Tokopedia terus memperkuat inisiatif berpendekatan Hyperlocal demi mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, misalnya Kumpulan Toko Pilihan dan Dilayani Tokopedia,” jelas Ekhel.
Inisiatif berpendekatan Hyperlocal ini bisa membantu para pegiat usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menjangkau pembeli.
Inisiatif Hyperlocal ini juga turut mendorong peningkatan jumlah perempuan pembeli di Tokopedia di beberapa daerah dan meningkatnya jumlah perempuan penjual di Tokopedia.
Wah, apakah kamu salah satu perempuan yang rajin belanja atau bahkan berjualan di Tokopedia, Stylovers? (*)
Baca Juga: Bantu Pengembangan UMKM, Tokopedia Hadirkan Inisiatif Sepanjang 2022