Jurnal Pejuang Haid, Haid Telat Enggak Melulu Karena Kehamilan

By Layla Ekrep, Selasa, 17 Januari 2023 | 11:30 WIB
Jurnal Pejuang Haid (JPH), haid telat enggak melulu disebabkan oleh kehamilan (freepik.com)

Stylo Indonesia - Hai, Stylovers! Stylo Indonesia kini hadir dengan kanal Jurnal Pejuang Haid (JPH) yang berisikan cerita pengalaman para sahabat perempuan atau Stylovers mengenai semua masalah terkait menstruasi.

Melingkupi faktor kesehatan dan psikologis serta yang berujung kepada penampilan kulit, Jurnal Pejuang Haid juga akan berbagi tips bagaimana setiap sahabat perempuan atau Stylovers berdamai dengan nyeri haid yang kerap menyerang.

Nah, kali ini Stylo ingin memberikan edukasi perihal haid telat yang mana menjadi salah satu pengalaman tidak terlupakan dari beberapa Stylovers yang berbagi cerita di Jurnal Pejuang Haid.

Kita semua pasti udah pada tahu kalau telat haid selalu dikaitkan dengan kehamilan. 

Anggapan ini memang benar, tapi telat haid enggak melulu disebabkan oleh kehamilan lho, Stylovers. 

Nah, sebelumnya kamu harus tahu dulu tentang siklus menstruasi yang kamu alami dan melakukan kontrol terhadap hal berikut.

Beberapa cara yang dapat kamu coba yaitu dengan menandai kalender, menggunakan aplikasi khusus di smartphone, atau membuat jurnal haid secara manual. 

Dari sini kamu akan tahu ketika haid kamu telat atau siklus menstruasi yang kamu alami dirasa enggak beres dan tidak normal seperti sebelum-sebelumnya. 

Beberapa kasus yang dijumpai di kanal JPH adalah Stylovers sempat mengalami haid telat hingga enggak mengalami haid dalam kurun waktu yang cukup lama; hitungan bulan bahkan tahun. 

Di luar kehamilan, ternyata ada beberapa penyebab haid telat atau siklus menstruasi kamu terganggu, lho! 

Baca Juga: Jurnal Pejuang Haid Astria Putri Nurmaya: Kunyit, Asam Jawa, dan Gula Merah, Resep Racikan Sederhana yang Ampuh Atasi Nyeri Haid