Jakarta Fashion Week 2023: Sejauh Mata Memandang Tampilkan Keindahan Busana dari Kain Daur Ulang Bertajuk Baur

By Annisa Suminar, Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:21 WIB
Jakarta Fashion Week 2023: Sejauh Mata Memandang Tampilkan Keindahan Busana dari Kain Daur Ulang Bertajuk Baur (Dok JFW 2023 (gettyimages))

Stylo Indonesia - Ajang mode fashion terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2023 kembali digelar.

JFW 2023 digelar di Pondok Indah Mall 3 selama 7 hari sejak 24 Oktober hingga 30 Oktober 2023.

Sederet busana dari para desainer ternama dipamerkan pada panggung JFW 2023.

Salah satunya adalah koleksi dari brand Sejauh Mata Memandang yang memamerkan koleksinya pada hari kedua JFW 2023, Selasa (25/10/2022).

Perdana tampil di JFW, Sejauh Mata Memandang memperkenalkan koleksi terbarunya bertajuk Baur.

Koleksi “Baur” adalah penanda delapan tahun usia dan perjalanan Sejauh Mata Memandang serta sebuah upaya Sejauh untuk memberi nafas baru bagi berbagai bahan tekstil yang sudah tidak terpakai.

Berbagai bahan tidak terpakai tersebut antara lain seperti kain perca sisa produksi Sejauh, kain stok mati (deadstock), kain sisa dari berbagai pameran Sejauh sebelumnya.

Serta kain hasil daur ulang dari pakaian tidak layak pakai seperti limbah tekstil pasca produksi, yang kemudian diolah, digabungkan dengan benang baru, dan dipadupadankan dengan kain baru sehingga kembali menjadi pakaian baru.

Limbah tekstil pasca produksi didapat dari program Daur Ulang Sejauh yang bekerja sama dengan Ecotouch, serta didukung para Sahabat Sejauh yang mengirimkan pakaian tidak layak pakai milik mereka.

Bahan-bahan tersebut kemudian didaur ulang melalui berbagai tahapan proses, mulai dari pemilahan bahan, pencopotan kancing dan resleting, pemotongan, pencacahan, dan proses-proses lainnya sampai akhirnya kembali menjadi benang.

Baca Juga: Sejauh Mata Memandang Gelar Pameran Instalasi di ARTJOG 2022