Jurnal Pejuang Haid Aulia: Menjadi Penentu Siklus Haid Berjalan Lancar, Pentingnya Peduli Terhadap Faktor Stres yang Dialami

By Layla Ekrep, Selasa, 8 November 2022 | 08:00 WIB
Pentingnya memperhatikan tingkatan stres yang dialami guna menjaga siklus haid berjalan secara teratur (freepik.com)

Stylo Indonesia - Hai, Stylovers! Stylo Indonesia kini hadir dengan kanal Jurnal Pejuang Haid yang berisikan cerita pengalaman para sahabat perempuan atau Stylovers mengenai semua masalah terkait menstruasi.

Melingkupi faktor kesehatan dan psikologis serta yang berujung kepada penampilan kulit, Jurnal Pejuang Haid juga akan berbagi tips bagaimana setiap sahabat perempuan atau Stylovers berdamai dengan nyeri haid yang kerap menyerang.

Jurnal Pejuang Haid yang ke-21 datang dari Aulia yang merasakan siklus haid berlangsung selama 2 minggu saat pertama kali mengalami haid. 

Yuk, simak percakapan Stylo Indonesia dengan Aulia tentang pengalaman seputar haid yang informatif lagi inspiratif, berikut ini!

Apa saja perbedaan gejala atau reaksi tubuh sepanjang siklus haid?

Aulia: "Aku merasa tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan. Hanya saja kalau dinilai dari faktor nyeri haid di hari pertama aku juga kerap merasakan sebagai penanda memasuki siklus haid, yang biasanya umum dirasakan oleh banyak orang."

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah psikologis seputar siklus haid?

Aulia: "Untuk gejala psikologis biasanya tidak tertebak juga, apalagi jika dipengaruhi dengan tingkatan stres, pastinya emosi saat haid jadi lebih tidak stabil atau sulit dikendalikan." 

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah kesehatan seputar siklus haid?

Aulia: "Terkadang nyeri haid yang dirasakan pada hari pertama hingga kedua itu kan selalu di bagian atau daerah sekitar pinggul ke bawah. Nah, hal ini juga terkadang membuat gerak jadi terbatas terutama ketika beraktivitas di luar ruangan."

Baca Juga: Jurnal Pejuang Haid Suresh Vivi Kananda: Pentingnya Bersikap Tenang dan Sabar Saat Nyeri Haid Parah Melanda