Tokopedia Ajak Brand Lokal untuk Tampil di Ajang Fashion Dunia

By Grace Kencana Pranata, Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:55 WIB
Tokopedia Ajak Brand Lokal untuk Tampil di Ajang Fashion Dunia (dok. Tokopedia)

Stylo Indonesia - Selama 13 tahun berdiri, perusahaan teknologi Indonesia Tokopediaberupaya membantu pegiat usaha lokal, termasuk di bidang fesyen dan kecantikan, untuk memulai dan membangun bisnis hingga meraja di negeri sendiri bahkan setara dengan brand kelas dunia.

“Tokopedia telah mengawal berbagai merek lokal fesyen dan kecantikan, yaitu Heaven Lights,Wearing Klamby, Erigo, Jewel Rocks dan BLP Beauty, untuk menampilkan produk di berbagaiajang dunia,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.Pada September 2022, koleksi Heaven Lights dan Erigo sukses disorot dalam perhelatan New YorkFashion Week (NYFW), sedangkan Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London FashionWeek (LFW).

Sementara Jewel Rocks dan BLP Beauty melenggang di Paris Fashion Week (PFW)trade show di awal Oktober 2022.

Head of PR and Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender mengatakan, “BerkatTokopedia dan KBRI New York, Heaven Lights bisa memperkenalkan budaya Indonesia ke kancahglobal, melalui NYFW, khususnya lewat produk yang kami usung yaitu fesyen muslim dan modestwear. Koleksi yang kami pamerkan di ajang fesyen dunia tersebut mengambil inspirasi dari Papua.”

Founder and CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, menyampaikan, “Dengan dukungan Tokopedia, BLPBeauty berhasil memperkenalkan produk kecantikan lokal di panggung dunia lewat PFW. Diperhelatan bergengsi ini, BLP Beauty menjadi brand lokal kecantikan pertama yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse Paris Agency ​​untuk menampilkan koleksi bersama dengan brand lain dari Asia Tenggara. Kalau Korea bisa punya K-Beauty, Indo-Beauty juga punya potensi besar untukmendunia.”

Pemilik Jewel Rocks, Imelda Widjaja, menambahkan, “Ini kali ke-dua Tokopedia mendukung kamiuntuk menampilkan keunikan aksesoris Indonesia di PFW. Bisnis yang kami mulai dan bangun diBali–bermodal awal Rp500 ribu, sampai punya 10 karyawan–akhirnya bisa bersanding dengan brand kelas dunia lewat PFW. Semoga perjuangan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi brand lokal lain.”

Tokopedia di sisi lain mempermudah masyarakat menemukan dan memakai berbagai produk lokalfesyen dan kecantikan demi mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Tokopedia Ajak Brand Lokal untuk Tampil di Ajang Fashion Dunia (dok. Tokopedia)

Misalnya melalui widget khusus di halaman pertama Tokopedia ‘Bangga Lokal’ yang berisi produkdari pegiat usaha lokal untuk mengajak lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal.

Baca Juga: 3 Produk Skincare Wajib Pakai Selama Musim Hujan, Paling Laris di Tokopedia!

 

 “Koleksi yang ditampilkan para brand lokal di sejumlah ajang dunia tersebut, juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli lewat Tokopedia,” jelas Rizky.

Ada pula berbagai kampanye di Tokopedia yang menjadi panggung bagi pegiat usaha lokal lainnyayang juga bergerak di bidang fesyen maupun kecantikan, seperti Parade Lokal, Women in Style,Modest on Trend, Tokopedia Beauty Dealight, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bisa Bayar Zakat dengan Mudah, Tokopedia Salam Penuhi Kebutuhan Pasar Syariah

Beragam inisiatif tersebut mendorong kategori Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategoriyang paling populer di Tokopedia selama kuartal III 2022 dibanding periode yang sama tahun2021. (*)