Tokopedia Ungkap Produk Fashion dan Kecantikan Jadi Salah Satu Kategori Paling Laris

By Cerysa Nur Insani, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 15:30 WIB
Tokopedia Ungkap Produk Fashion dan Kecantikan Jadi Salah Satu Kategori Paling Laris (Dok. Image Dynamics)

Stylo Indonesia - Dalam rangka perayaan hari ulang tahunnya ke-13, Tokopedia mengadakan media gathering yang berlokasi di Kaum Jakarta pada Kamis (18/8/22) lalu.

Ulang tahun Tokopedia sendiri jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Tokopedia mengungkapkan bahwa fashion dan kecantikan menjadi salah satu kategori paling laris pada platform belanja online mereka.

Hal ini disampaikan oleh Ekhel Chandra Wijaya sebagai Head of External Communications Tokopedia dan Sherine Pranata selaku Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia yang menjadi pembicara pada acara tersebut.

Tokopedia memiliki beberapa inisiatif yang dilakukan bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM lokal.

Salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat.

Inisiatif ini bertujuan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia, termasuk dari industri fashion dan kecantikan punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

“Pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi,” ujar Sherine.

“Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” tambahnya.

Kehadiran inisiatif Hyperlocal membuat Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia, termasuk bagi konsumen perempuan.

Tren ini dilihat selama setahun ke belakang yaitu dari Agustus 2021 hingga Agustus 2022.

Di kategori Fesyen, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blus dan daster, serta sneakers wanita adalah beberapa produk yang paling laris.