Ulang Tahun ke-13, Tokopedia Ungkap Tren Belanja Fashion dan Kecantikan Semakin Meningkat di Luar Jawa

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:20 WIB
Ulang Tahun ke-13, Tokopedia Ungkap Tren Belanja Fashion dan Kecantikan Semakin Meningkat di Luar Jawa (Dok. Image Dynamics)

Stylo Indonesia - Tanggal 17 Agustus 2022 lalu, Tokopedia tepat berusia 13 tahun.

Yup, peringatan ulang tahun Tokopedia memang bersamaan dengan Hari Kemerdekaan RI, Stylovers.

Dengan semangat sebagai marketplace asal Indonesia, Tokopedia telah menjadi wadah bagi banyak pegiat usaha di Indonesia untuk memanfaatkan peluang lewat teknologi.

“Selama setahun ke belakang, Tokopedia telah menyediakan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha di Indonesia untuk menciptakan peluang lewat teknologi,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Berbagai inisiatif telah dilakukan oleh Tokopedia untuk mendukung kemajuan ekonomi digital dari pelaku usaha lokal.

Salah satunya seperti inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Termasuk para pelaku usaha di bidang fashion dan kecantikan.

“Pendekatan Hyperlocal diterapkan di berbagai kampanye, seperti Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards dan masih banyak lagi,” ujar Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

“Jadi, pelaku UMKM fesyen dan kecantikan dari Sabang sampai Merauke tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” lanjutnya

Kehadiran inisiatif Hyperlocal membuat Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia, termasuk bagi konsumen perempuan, selama setahun ke belakang.

Di kategori Fesyen, sandal wanita, pakaian dalam wanita, tas selempang, t-shirt, blouse dan daster, serta sneakers wanita menjadi beberapa produk yang paling laris.

Sedangkan di kategori Kecantikan, produk pembersih wajah, serum, krim, sunblock, hingga paket perawatan wajah menjadi beberapa produk yang paling populer.