Jagantara oleh WBI Foundation, Gaungkan Arti Penting Melestarikan Budaya Indonesia

By Layla Ekrep, Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:46 WIB
Press Conference Jagantara pada Rabu (03/08/2022) (Dok. Stylo Indonesia)

Stylo Indonesia - Beberapa faktor yang muncul seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi nampaknya menimbulkan ancaman terkikisnya budaya Indonesia.

Hal ini jelas harus menjadi perhatian kita semua mengingat budaya Indonesia adalah kekayaan yang sangat bermakna bagi bangsa Indonesia itu sendiri. 

Beranjak dari isu tersebut, Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation menggelar acara Jagantara yang berlangsung mulai dari 29 Juli 2022 hingga 21 Agustus 2022, di ASHTA District 8.

Jagantara, Jaga Warisan Nusantara, merupakan ruang yang menandai bentuk kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

Event yang diinisiasi oleh WBI Foundation ini adalah salah satu bentuk kontribusi pada kemajuan budaya nasional dengan memanfaatkan dan melestarikan budaya secara kreatif. 

Hal yang ingin dicapai yaitu membangun rasa cinta bangsa Indonesia, khususnya kaum muda terhadap budaya Indonesia, dan terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini serta memberi ruang bagi mereka untuk berkarya. 

"Di Jagantara ini, kami mengapresiasi anak muda yang mau bergandengan tangan ikut peduli atas warisan budaya Indonesia. Selain itu, para generasi tua juga dapat ikut terlibat dalam melestarikan budaya tersebut, jangan sampai anak cucu nantinya tidak tahu budaya Indonesia.

Sebisa mungkin, ke mana pun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita," terang founder sekaligus Ketua Umum WBI Foundation, Yanti Airlangga, pada konferensi pers Jagantara di Ashta District 8, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Mengenal Kakak Angkat Ahok Nana Riwayatie, Sosok di Balik Perjuangan UMKM Lokal Indonesia

Jagantara terdiri atas beberapa kegiatan, mulai dari Wastra Nusantara, Kuliner, Sinema, Kerajinan dan Inferior serta beberapa kegiatan bertemakan Anak Muda.

Kegiatan tersebut dikemas dengan konsep yang kreatif melibatkan seniman Indonesia dalam mempersiapkan dan mengatur banyak hal.