Atasi Rambut Lepek dan Kusam Tanpa Keramas, Amankah Pakai Dry Shampoo Setiap Hari?

By Yussy Maulia, Rabu, 27 Juli 2022 | 10:15 WIB
Ilustrasi penggunaan dry shampoo. (Shutterstock)

Stylo Indonesia – Saat rambut terasa lepek atau kusam, keramas menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya. Namun, bagaimana jika tidak sempat keramas karena aktivitas yang padat?

Beruntung, permasalahan rambut lepek dan kusam kini dapat diatasi tanpa perlu keramas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan produk sampo kering atau dry shampoo.

Yupdry shampoo merupakan produk pembersih rambut yang dapat digunakan tanpa perlu dibilas menggunakan air.

Melansir laman Cleveland Clinic, umumnya dry shampoo terdiri dari dua kandungan utama, yaitu alkohol dan pati tumbuhan (starch). Kedua kandungan tersebut kaya akan lemak sehingga dapat membantu menyerap minyak pada batang rambut sehingga dapat mengatasi rambut lepek tanpa menggunakan air.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Berwarna agar Tidak Rusak dan Warna Lebih Tahan Lama

Oleh sebab itu, dry shampoo tidak hanya sekadar membersihkan rambut, tetapi juga dapat membuat tampilan rambut lebih fresh dan bervolume dalam sekejap.

Karena praktis serta bisa digunakan kapan dan di mana saja, tak heran jika dry shampoo menjadi produk hair care andalan banyak orang ketika bepergian, hangout, dan travelling.

Kendati demikian, banyak orang yang mengandalkan dry shampoo untuk penggunaan sehari-hari. Saat rambut mulai terasa kotor, berminyak, dan kusam, orang-orang lebih memilih untuk mengaplikasikan dry shampoo ketimbang harus repot-repot keramas.

Namun, apakah aman bagi rambut dan kulit kepala jika terlalu sering menggunakan dry shampoo?

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Berhijab Saat Sedang Olahraga, Rambut tetap Sehat dan Tidak Bau!

Menurut ahli medis yang khusus menangani masalah rambut dan kulit kepala atau trichologist asal Amerika Serikat (AS), Anabel Kingsley, penggunaan dry shampoo sebenarnya tidak berbahaya bagi rambut dan kulit kepala.

“Hanya saja, dry shampoo sebaiknya tidak dijadikan sebagai pengganti sampo biasa. Sebab, dry shampoo tidak membersihkan kotoran yang ada di kulit kepala, seperti minyak, sel kulit mati, polusi, keringat, dan produk (perawatan rambut) lainnya,” jelas Kingsley yang dikutip dari laman Byrdie, Kamis (23/12/2021).