Stylo Indonesia - Platform belanja dan gaya hidup Blibli baru saja memperingati 11 tahun kehadirannya di Indonesia.
Merayakan ulang tahunnya ke-11, Blibli berkomitmen untuk terus fokus pada bisnis berkelanjutan dengan meningkatkan kualitas dan pengalaman berbelanja dan meningkatkan fitur serta layanan yang relevan melalui ekosistem terintegrasi.
Blibli juga turut berusaha untuk mengurangi dampak lingkungan sambil berperan aktif mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia.
Hal tersebut ditegaskan CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto ketika mengajak para jurnalis untuk berkeliling di kantor Blibli pada acara Open House di gedung Sarana Jaya Jakarta.
“Kami mengapresiasi kepercayaan dan dukungan pelanggan, termasuk mitra seller, brand dan business partner, pemerintah serta media. Pencapaian hari ini tidak membuat kami berpuas diri, melainkan jadi motivasi untuk terus relevan, berdaya saing dan memberikan solusi inovatif,” ungkap Kusumo.
Ia menambahkan, Blibli fokus pada pengembangan ekosistem yang terintegrasi antara saluran luring dan daring juga strategi omnichannel untuk mengakomodasi kenyamanan berbelanja offline maupun online bagi pengguna.
Menurut Kusumo, selama sebelas tahun meramaikan industri digital Indonesia, Blibli terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas layanan agar terus relevan bagi kebutuhan pelanggan yang dinamis dari waktu ke waktu.
“Sebagai perusahaan teknologi, kami bekerja berdampingan dengan perubahan, sehingga, kecepatan beradaptasi dan menjaga relevansi bisnis adalah etos kerja yang kami terapkan dalam mengembangkan Blibli,” tutur Kusumo.
Selain itu, Blibli juga fokus pada solusi omnichannel yang komprehensif di berbagai kategori produk mulai dari groceries hingga consumer electronics.
Baca Juga: Kumpulan Aksesori Mobil Lucu untuk Perempuan, Cek Model dan Harganya!
Peringatan ulang tahun ke-11 ini juga ditandai dengan semakin lengkapnya ekosistem Blibli, kini dilengkapi PT Supra Boga Lestari–supermarket premium Ranch Market dan Farmers Market.
Executive VP Consumer Goods and Lifestyle Blibli Fransisca Krisantia Nugraha menyampaikan bahwa bergabungnya Ranch Market dan Farmers Market ke dalam ekosistem Blibli memperkuat posisi perusahaan sebagai penyedia layanan e-groceries terdepan di Indonesia.
“Dengan jaringan supermarket di bawah PT Supra Boga Lestari, ekosistem Bliblimart kini telah terintegrasi dengan lebih dari enam puluh gerai dari Ranch Market Group, dan Ranch Market Official Store. Hal ini kami lakukan untuk memastikan kenyamanan bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti produk segar, bahan masakan, hingga kebutuhan ibu dan anak dengan kualitas yang prima,” ujar Fransisca.
Untuk melengkapi ekosistemnya, Blibli juga telah membuka toko ritel offline BlibliStore agar dapat lebih dekat dengan para pelanggan.
Sejak awal tahun 2021 hingga saat ini, Blibli juga telah membuka 87 gerai tukar tambah gawai, baik secara independen maupun berkolaborasi bersama dengan mitra brand.
Wisnu Iskandar, Executive VP Consumer Electronics Blibli menambahkan, “Blibli Store merupakan jawaban kami atas permintaan pelanggan. Tak bisa dimungkiri, masih banyak masyarakat yang lebih nyaman untuk berbelanja secara offline, termasuk dalam membeli perangkat elektronik,” jelas Wisnu.
Belum lama, Blibli juga berkolaborasi dengan tiket.com yang turut memberi nilai tambah bagi para pelanggan.
Melalui integrasi layanan e-commerce dan online travel agent, pengguna bisa menggabungkan keanggotaan dari kedua aplikasi ini untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari pemenuhan kebutuhan harian dan gaya hidup.
Mulai dari belanja keperluan rumah tangga, gawai, alat elektronik, fashion, hingga kebutuhan rekreasi serta perjalanan.
Ekosistem terlengkap dari Blibli tentunya tidak terlepas dari solusi omnichannel komprehensif yang diberikan.
Hingga saat ini, Blibli mencatat >9,500 merchant Blibli InStore, >12,000 pick up point Click & Collect, dan Blibli Mitra yang telah menghadirkan solusi bisnis digital terpadu bagi >100 ribu mitra di 34 provinsi.
Solusi omnichannel Blibli pun didukung dengan layanan bernilai tambah seperti jaminan 100% produk orisinal, pengiriman 2 Jam Sampai, Trade-In, dan Insurance untuk memberikan kepuasan lebih bagi pelanggan.
“Blibli mengintegrasikan pendekatan online dan offline secara seamless untuk menghadirkan pengalaman ritel yang lebih baik dan nyaman bagi pelanggan. Ke depan, kami berkomitmen untuk terus memperkuat prinsip customer-centric dalam strategi omnichannel perusahaan sehingga solusi yang diberikan dapat menjawab permintaan pelanggan secara berkelanjutan apa pun kebutuhannya,” tutup David Michum, SVP O2O Blibli. (*)