Daftar 3 Penyakit Kanker Terbesar di Indonesia, Pengobatan Imunoterapi Jadi Harapan Baru Pasien Kanker!

By Astria Putri Nurmaya, Jumat, 24 Juni 2022 | 15:59 WIB
Daftar 3 Penyakit Kanker Terbesar di Indonesia, Pengobatan Imunoterapi Jadi Harapan Baru Pasien Kanker! (www.freepik.com)

Stylo Indonesia - Tahukah Stylovers, bahwa ada tiga penyakit kanker terbesar di Indonesia yang mengancam kehidupan banyak orang.

Ketiga penyakit kanker terbesar di Indonesia ini mencakup kanker paru, kanker payudara dan kanker serviks.

Masih terkait penyakit kanker terbesar di Indonesia, menurut laporan Global Burden of Cancer Study (Globocan) 2020, jumlah kasus baru kanker paru, kanker payudara dan kanker serviks di seluruh dunia mencapai lebih dari 5 juta dengan lebih dari 2,8 juta kematian.

Dalam rangka bulan Penyintas Kanker, MSD Indonesia bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) meluncurkan kampanye #HarapanBaru melalui pengobatan Imunoterapi pada Kamis (23/06/22) dalam webinar YKI x MSD Indonesia.

Pengobatan Imunoterapi ini dipercaya bisa meningkatkan harapan hidup bagi pasien kanker.

Seperti diketahui jumlah kasus baru ketiga jenis kanker tersebut di Indonesia menurut laporan yang sama mencapai 137.274 dengan jumlah kematian 74.276 orang.

Itu berarti setiap hari terdapat lebih dari 200 keluarga kehilangan anggota keluarganya akibat jenis kanker tersebut.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, “Kita perlu menyikapi tingginya kasus baru dan kematian akibat kanker paru, kanker payudara dan kanker serviks di Indonesia."

Baca Juga: 5 Manfaat Utama Tanaman Lidah Mertua, AC Alami Hingga Anti Kanker!

Cara yang ditempuh yakni dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai penyakit kanker, termasuk pencegahannya, serta semua opsi terapi sistemik.

Prof. Aru Sudoyo menjelaskan bahwa salah satu terobosan di dunia medis yang merupakan harapan baru bagi pasien kanker paru, kanker payudara dan kanker serviks adalah adanya terapi pengobatan imunoterapi.