Petani Penerima Kartu Prakerja Sukses Mulai Bisnis Online Setelah Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Tokopedia

By Cerysa Nur Insani, Selasa, 7 Juni 2022 | 14:20 WIB
Petani Penerima Kartu Prakerja Sukses Mulai Bisnis Online Setelah Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Tokopedia (Dok. Image Dynamics)

Stylo Indonesia - Tak hanya menjadi platform bagi UMKM, marketplace Tokopedia juga berperan sebagai penghubung antara penyedia kelas pelatihan Kartu Prakerja dengan masyarakat yang membutuhkan.

Tokopedia mengungkapkan tingginya antusiasme peserta dari berbagai latar belakang dalam mengikuti pelatihan kewirausahaan.

Salah satunya adalah para petani yang merasakan langsung manfaat pelatihan yang diadakan Tokopedia dan sukses memulai bisnis online setelahnya.

“Kolaborasi antara Tokopedia, pemerintah, dan berbagai lembaga pelatihan hingga saat ini mampu menghadirkan lebih dari 550 kelas pelatihan dan menarik partisipasi jutaan penerima Kartu Prakerja dari berbagai latar belakang termasuk petani,” ungkap Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Dalam melaksanakan berbagai pelatihan untuk penerima Kartu Prakerja ini, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis yaitu Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dan beragam lembaga pelatihan.

Pelatihan yang telah diselenggarakan di antaranya mengenai bisnis, IT dan data, finansial, pemasaran, fotografi, kecantikan, pengembangan diri, tata boga, dan masih banyak lagi.

“Kami mengapresiasi upaya lebih yang dilakukan Tokopedia untuk membuat penerima Kartu Prakerja sukses berwirausaha. Adanya petani-petani penerima Kartu Prakerja yang kini bisa berjualan secara online membuktikan bahwa sistem digital dan on-demand yang dipakai Prakerja efektif membekali skills yang dibutuhkan penerima, apapun latar belakangnya. Ini tentu sebuah breakthrough,” jelas Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Harmin, seorang petani dari Pasaman Barat, Sumatra Barat ikut menceritakan manfaat yang ia rasakan dari pelatihan ini.

Akibat lesunya perekonomian selama pandemi, Harmin mulai memproduksi lukah (alat penangkap ikan) dan mengikuti berbagai pelatihan tips berjualan online bagi UMKM.

Baca Juga: 5 Tips Kembalikan Pola Makan Sehat Usai Lebaran dari Ahli Gizi dan Tokopedia

Sejak saat itu, ia menjual lukah secara daring dan sukses menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.